Tips Tetap Aktif Selama Hamil

Tak sedikit perempuan yang memilih untuk tetap aktif meski tengah berbadan dua. Aktif dalam arti bekerja ataupun melakukan berbagai kegiatan fisik, baik untuk kepentingan pribadi maupun sosial. Ibu hamil (Bumil) yang memutuskan untuk tetap aktif selama kehamilan tentu sudah mempertimbangkan kesehatan diri dan janin. Meski begitu, memang tak dapat dielakkan bahwa tetap aktif selama hamil bisa terasa lebih berat dan melelahkan dari biasanya. Nah, berikut beberapa tips untuk Anda yang tetap ingin aktif selama hamil.

  • Jaga makanan

Menjaga asupan makan dan minum adalah tips pertama dan utama. Seperti diketahui, selama hamil Bumil membutuhkan tambahan kalori paling tidak 300 kalori tiap harinya. Makan teratur dengan gizi seimbang dapat mencegah Anda mengalami kelelahan dan kekurangan zat besi. Sedia selalu camilan sehat untuk menjaga kestabilan gula darah. Adakala, banyak beraktivitas membuat seseorang lupa minum. Padahal Bumil harus selalu terhidrasi agar kehamilannya aman. Cairan bisa beragam bentuknya. Air putih, susu, jus buah bisa menjadi alternatif. Jika aktivitas kantor Anda cukup padat, kalau perlu, pasanglah alarm sebagai pengingat jadwal minum.

  • Jaga tubuh

Menjaga kebugaran tubuh adalah tips berikutnya. Untuk Bumil pekerja kantoran, duduk terlalu lama mungkin tidak bisa dihindari. Padahal, terlalu lama duduk tidak baik untuk peredaran darah Bumil. Maka luangkanlah waktu sebentar untuk bangkit dan berjalan-jalan di sela waktu bekerja. Jika masih memungkinkan, lakukan olahraga di pagi hari pada akhir pekan. Anda bisa meregangkan otot sekaligus mendapat asupan oksigen yang berkualitas.

  • Cukup beristirahat

Cukup istirahat adalah tips selanjutnya. Untuk Bumil yang bekerja kantoran, meluangkan waktu beristirahat bisa dilakukan di sela jam makan siang. Sementara untuk Bumil yang tidak bekerja namun tetap aktif berkegiatan, pastikan Anda segera beristirahat saat lelah mendera. Tidur berkualitas juga menjadi sarana istirahat yang baik. Untuk mendapatkannya, buatlah suasana kamar tidur yang senyaman mungkin. Hindari makan atau minum yang menyebabkan Anda sulit tidur, misal makan malam dengan sambel atau sayuran yang menimbulkan gas di lambung.

  • Kelola stress

Mengelola stress menjadi tips pamungkas. Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan hormon, bentuk tubuh hingga kecemasan akan masa depan membuat tekanan tersendi pada Bumil. Maka Bumil perlu mengelola stress dengan berlatih napas dalam, melakukan relaksasi dengan meditasi, yoga serta meluangkan waktu untuk menghibur diri. Bisa dengan belanja bareng sahabat, atau sekedar ngopi bareng suami atau teman dan berbincang di akhir pekan. Pikiran yang rileks akan membantu Anda tetap fit dan semangat menjalani akvititas meski tengah berbadan dua.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!