Tips Tetap Produktif Saat Hamil

Hamil mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami-istri, khususnya sang ibu. Memang pada faktanya, ada beberapa ibu yang mengalami masalah di masa kehamilannya, terutama pada trimester pertama dan trimester ketiga. Hal itu tentunya menghadirkan rasa tidak nyaman bagi ibu, khususnya mereka yang harus tetap bekerja. Padahal selama masa kehamilan sangat penting bagi ibu untuk tetap merasa bahagia, karena hal itu juga dapat mempengaruhi perkembangan neurologis dan psikologis janinnya. Dengan bahagia, ibu hamil juga akan tetap produktif dalam berbagai aktivitas termasuk bekerja.

Lalu apa yang bisa dilakukan ibu hamil agar tetap produktif dan bahagia selama masa kehamilannya? Berikut beberapa tips yang bisa ibu terapkan selama kehamilan: 

  • Tetap sarapan 

Asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu sangat penting khususnya bagi pertumbuhan janin dalam kandungannya. Sehingga ibu hamil harus tetap menjaga pola makan dengan baik. Khusus sarapan, sangat penting agar ibu memiliki energi untuk menjalani berbagai aktivitasnya mulai dari pagi hari, termasuk untuk bekerja. 

Memang tak sedikit ibu hamil yang kerap mengalami morning sick, seperti rasa mual dan muntah, termasuk saat menyantap makanan. Dalam hal ini, pilihlah makanan yang tidak memicu rasa mual dengan tetap memperhatikan kandungan gizi dalam makanan tersebut. Jangan lupa memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dengan banyak minum air putih. Selain itu, ibu bisa menyediakan makanan kecil untuk camilan seperti biskuit, roti, atau buah, sebagai pengganjal perut. Sebab ibu hamil rata-rata lebih sering merasa lapar. Makanan-makanan tersebut akan membantu agar kadar gula darah dalam tubuh tetap terjaga. 

  • Menjaga pikiran tetap positif

Pikiran-pikiran positif akan membuat ibu hamil lebih nyaman dan bahagia. Oleh karena itu hindari pikiran-pikiran negatif yang hanya akan membuat ibu merasa gelisah atau cemas. Tidak lupa perhatian lebih sering dari suami juga sangat diharapkan. Penting juga bagi ibu untuk memilih lingkungan yang positif, termasuk teman atau keluarga yang dapat memberikan dukungan positif.

  • Hindari stres

Sebaiknya sedapat mungkin Ibu menghindari stres berlebihan karena hal itu juga akan berimbas baik terhadap kesehatan ibu maupun perkembangan janin. Khususnya bagi ibu yang bekerja, upayakan mengelola stres di tempat kerja dengan baik agar stres tidak berimbas pada kehamilan. Komunikasikan dengan atasan tentang kondisi kehamilan ibu.

  • Tetap menjaga kebugaran tubuh

Meskipun dalam kondisi hamil, tetap luangkan waktu untuk melakukan olah raga ringan yang sekiranya tidak membuat ibu justru kelelahan. Hal ini bisa ibu lakukan dengan sekedar jalan-jalan, meditasi, yoga, atau berenang. Cara lain yaitu dengan pergi ke spa maupun ke salon untuk melakukan perawatan kecantikan khusus ibu hamil. 

  • Lakukan hobi

Lakukan hobi yang Anda sukai. Misalnya dengan membaca, menulis di blog, memasak atau membuat kue, mendengarkan musik, merajut, membuat aneka kerajinan tangan, atau hal lainnya. Yang perlu diingat, aktivitas yang dilakukan ibu hamil ini jangan sampai membuat dirinya kelelahan hingga dapat berdampak negatif terhadap janin.

  • Istirahat

Beristirahatlah segera ketika di tengah-tengah aktivitas, Anda sudah merasakan lelah. Jangan memaksakan diri jika lelah sudah mulai melanda, mengingat kondisi saat hamil tentunya sangat berbeda dengan ketika Ibu tidak sedang mengandung. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!