Tips untuk pengantin baru mengkondisikan kehamilan

Beberapa pasangan pengantin baru mungkin tidak berpikir menunda kehamilan karena memang ingin segera mendapatkan momongan setelah menikah. Namun ada baiknya jika pengantin baru juga mengetahui beberapa tips untuk mengkondisikan kehamilan yang dirangkum dari berbagai referensi seperti berikut ini:

  • Catat masa subur

Masa subur wanita rata-rata berkisar 10 sampai 14 hari dihitung setelah tanggal hari pertama datang bulan. Maka cermati siklus haid Anda untuk memastikan masa subur. Manfaatkan masa subur ini dengan rutin berhubungan intim agar peluang terjadinya kehamilan lebih besar. 

  • Hubungan seks di pagi hari

Malam hari biasanya menjadi waktu favorit untuk berhubungan intim. Tapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berhubungan seks karena saat itulah performa sperma dalam keadaan paling baik dan jumlahnya pun paling banyak.

  • Jaga kualitas sperma

Sangat wajar bila gairah seks pada pasangan pengantin baru umumnya masih sangat tinggi. Bahkan mungkin keinginan untuk melakukan hubungan seks bisa setiap hari atau bahkan setiap saat. Namun jika dari hubungan seks tersebut diharapkan bisa segera membuahkan anak, maka kualitas sperma pun harus tetap dijaga. Hal ini terkait proses produksi sperma yang juga membutuhkan waktu. Meski Anda pengantin baru yang ingin berhubungan intim secara rutin, penting juga untuk mengatur frekuensi bercinta Anda agar tidak dilakukan terlalu atau sangat sering. Ini karena kemungkinan itu justru bisa menurunkan kualitas dan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur. 

  • Gaya hidup sehat

Penerapan gaya hidup sehat akan meningkatkan peluang untuk bisa segera hamil. Perbaiki pola makan. Konsumsilah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda, terutama yang dibutuhkan untuk mempercepat kehamilan. Lakukan olahraga secara rutin, hindari merokok, minuman beralkohol, atau narkoba. Istirahatlah yang cukup dan hindari stres.

  • Temui dokter untuk program hamil

Mayoritas pasangan menikah baru terpikir menemui dokter ahli untuk program hamil pada saat pernikahan sudah berlangsung lama namun tak kunjung menghadirkan buah hati. Tapi tidak ada salahnya jika pengantin baru berkonsultasi lebih awal dengan dokter terkait perencanaan kehamilan. Jadi jangan ragu ke dokter untuk mendapatkan berbagai saran seputar cara Anda dan pasangan bisa segera mendapatkan momongan setelah menikah. 

  • Cek kesehatan gigi dan mulut

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa kondisi kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi fertilitas. Namun ada beberapa kasus wanita dengan gangguan kesehatan gigi dan mulut, membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hamil. Beberapa penelitian juga menemukan pria dengan kesehatan rongga mulut yang buruk mengalami ketidaksuburan. Jadi, penting juga bagi pasangan pengantin baru untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bila perlu, kunjungilah dokter gigi Anda. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!