Tren Kehamilan Masa Kini

Setiap pasangan biasanya menginginkan memiliki momongan. Kehamilan menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu terlebih untuk pasangan yang baru menikah. Ketika kehamilan itu akhirnya hadir, ibu hamil pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk calon bayinya.

Untuk mengekspresikan rasa gembira atas kehamilannya ini, sejumlah kebiasaan unik pun dilakukan. Selain itu para Bumil masa kini biasanya juga tak akan mau ketinggalan zaman. Nah, ini dia beberapa tradisi atau tren kehamilan masa kini yang bisa jadi inspirasi Bumil.

  • Pengumuman Kehamilan

Mengumumkan kehamilan pada khalayak ramai mungkin menjadi hal yang begitu istrimewa, tapi kini memberitahukan kabar soal kehamilan tak lagi hanya dengan cara biasa. Berbagai cara unik seperti membagikan foto testpack dan hasil USG. Juga video singkat nan mengharukan pun kini menjadi tren baru.

  • Maternity Photo

Biasa dilakukan oleh kalangan selebriti, maternity photo atau foto kehamilan kini menjadi tren tersendiri di kalangan ibu hamil. Bumil bisa mengabadikan momen-momen menantikan sang buah hati. Maternity photo ini biasa dilakukan saat usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga ketika perut sudah mulai tampak membesar. Tema-teman lucu nan unik pun sering digunakan oleh Bumil untuk memamerkan baby bump.

  • Babymoon

Babymoon biasa dilakukan sebagai liburan singkat sebelum nantinya akan sibuk mengurus bayi setelah melahirkan. Babymoon biasanya dilakukan setelah trimester kedua saat kondisi kandungan sudah cukup kuat. Sebelum melakukan babymoon ada baiknya Bumil konsultasi dulu ke dokter ya biar pejalanan lebih aman.

  • Baby Shower dan Baby Revealing Party

Baby shower adalah salah satu tren yang cukup happening di Indonesia. Perayaan menyambut kehadiran si jabang bayi ke dunia ini biasanya sekaligus untuk merayakan suka cita bersama sahabat. Baby shower biasanya dilakukan pada usia kandungan 7 bulan menjelang kelahiran.

Selain baby shower, terbaru kini muncul tren baby revealing party. Tren ini adalah pesta di mana Bumil mengumumkan gender atau jenis kelamin bayi dalam kandungannya. Baby revealing party ini biasanya ditandai dengan adanya balon-balon yang sudah di-setting dengan warna sesuai gender, biru untuk laki-laki dan pink untuk perempuan.

  • Menggunakan Jasa Doula

Doula merupakan pendamping persalinan. Seorang doula akan mendampingi calon ibu selama proses kehamilan hingga persalinan. Para doula nantinya akan memberikan dorongan dan afirmasi positif pada Bumil agar bisa menjalani kehamilan yang menyangkan serta melahirkan dengan lancar. Bukan hanya tren belaka, menurut penelitian, hadirnya seorang doula disebut-sebut bisa mengurangi risiko melahirkan ceasar sampai 50 persen lho. Selain itu juga bisa mempersingkat waktu persalinan hingga 25 persen dan mengurangi penggunaan induksi sampai 40 persen.

Itu dia beberapa tren atau tradisi kehamilan masa kini. Bumil mungkin bisa memilih salah satu atau justru melakukan semuanya untuk mengungkapkan kebahagiaannya.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!