Umrah Saat Hamil? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Melakukan perjalanan ibadah umrah ke Tanah Suci adalah dambaan setiap muslim dan muslimah. Tak terkecuali bagi muslimah yang sedang dalam keadaan hamil. Beribadah di Tanah Haram nilainya 100 ribu kali lipat dibandingkan dengan di tempat lain. Selain itu di luar ibadah inti umrah sendiri ada kesempatan berdoa di tempat-tempat yang spesial dan berziarah di makam Nabi Muhammad serta para sahabatnya.

Keuntungan bagi ibu hamil, tak perlu merekayasa haid dengan bantuan obat-obatan karena ketika hamil otomatis perempuan tidak mengalami haid. Sehingga ibadah di tanah Suci bisa lebih maksimal. Kendati demikian, para ibu hamil yang akan menjalankan umrah sebaiknya memperhatikan sejumlah hal sebagai berikut:.

  • Lakukan pada trimester kedua
    Idealnya ibadah umrah dilakukan pada trimester kedua. Di mana janin sudah cukup kuat, namun perut belum terlalu besar. Jangan lupa meminta surat ACC flight dari dokter kandungan sebagai lampiran tiket penerbangan ke Tanah Suci.
  • Pilih hotel di dekat Masjidil Haram
    Pilihlah paket umrah yang menawarkan hotel nyaman dan sedekat mungkin dengan tempat pelaksanaan ibadah umrah dan sunnah-sunnahnya. Misal yang terdekat dengan Masjidil Haram di Mekah. Pilih juga hotel yang dekat dengan Masjid Nabawi di Madinah. Dengan demikian tenaga tidak terlalu terkuras walaupun Anda sering bolak-balik ke tempat ibadah.
  • Tidak memforsir diri
    Utamakan melaksanakan rukun umrah dan setelah itu lakukan ibadah sunnah dan ziarah sesuai dengan kemampuan. Jangan memforsir diri karena risikonya bukan hanya Anda yang menanggung tetapi juga janin Anda.
  • Minum cukup
    Sering-seringlah minum untuk merehidrasi tubuh. Baik sekali minum air zamzam yang tersedia gratis baik di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi. HIndari minum dari keran yang berada di luar masjid untuk pertimbangan kebersihan. Lebih aman minum air dari dispenser di dalam masjid.

  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang
    Jangan lupa makan makanan dengan gizi seimbang untuk menjaga stamina tubuh dan memberi nutrisi bagi janin di dalam kandungan. Pastikan setiap asupan makanan mengandung karbohidrat, protein, buah dan susu.

  • Minum suplemen
    Minumlah suplemen kehamilan yang diresepkan dokter kandungan Anda secara rutin, untuk menjaga tubuh tetap fit dan memberi nutrisi bagi janin Anda.
  • Ketahui RS terdekat
    Ada baiknya mengantongi alamat rumah sakit di dekat tempat penginapan, untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Adapun RS untuk kedaruratan yang terdekat dengan Masjidil Haram adalah Ajyad Emergency Hospital yang berlokasi di lantai dasar pusat perbelanjaan As Sofwah. RS ini gratis bagi jamaah yang menunjukkan paspor dengan visa umrah.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!