Umroh Selagi Hamil, Ini yang Harus Disiapkan

Kehamilan memang selayaknya tidak menghambat aktivitas seorang perempuan. Asal kesehatan ibu selalu dijaga dan perkembangan janin selalu dipantau, seorang Ibu hamil (Bumil) tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Tak terkecuali untuk melakukan perjalanan jauh, menjalankan ibadah umroh misalnya. Tapi tentu saja, persiapannya berbeda dengan perempuan yang tidak hamil. Bagaimana sih persiapan untuk umroh  selagi hamil?

  • Konsultasi dokter

Berkonsultasi dengan dokter adalah hal pertama yang musti Anda lakukan jika berniat umroh dalam kondisi hamil. Dokter kandungan Anda lah yang paling tahu kondisi kesehatan Anda dan janin. Mengingat, umroh adalah perjalanan jauh dan memakan banyak energi, maka mengikuti apa kata dokter menjadi penting. Tentunya dokter akan melakukan evaluasi menyeluruh atas kondisi ibu dan janin sebelum memberikan izin, boleh tidaknya Bumil menjalankan umroh.

  • Biro terpercaya

Memilih biro perjalanan yang terpercaya. Saat ini banyak bertebaran biro pelayanan haji dan umroh yang menawarkan berbagai fasilitas dengan harga yang beragam. Untuk memastikan bahwa biro yang Anda pilih benar-benar memberi pelayanan yang dijanjikan, carilah pendapat dari orang terdekat. Review dari orang terpercaya menjadi penting, agar Anda tidak tertipu dengan iklan biro perjalanan yang tampaknya megah, namun kosong bukti. Kenyamanan selama di penerbangan, penginapan dan trasnportasi lokal saat umroh adalah yang utama. Hal ini penting mengingat Anda harus menjaga keamanan, kenyamanan dan kesehatan diri Anda dan janin dalam kandungan.

  • Atur pola makan

Mengatur pola makan dan berolahraga. Bumil yang tengah bersiap untuk ibadah umroh disarankan untuk mengatur pola makan dan menjalankan olahraga. Konsumsi makanan yang kaya gizi akan membuat daya tahan tubuh terjaga baik. Demikian pula dengan olahraga. Aktivitas fisik akan membuat otot tubuh terasupi oksigen secara maksimal. Imunitas tinggi dan stamina tubuh yang prima penting agar Bumil tidak mudah terserang penyakit dan mengalami kelelahan selama umroh.

  • Antisipasi perbedaan iklim

Bersiap dengan perbedaan iklim. Seperti diketahui, iklim di negara kita berbeda dengan iklim di Tanah Suci. Kondisi cuaca di Tanah Suci bisa sangat ekstrim perbedaannya. Siang sangat terik, sementara pada malam hari suhu bisa sangat rendah. Anda harus bersiap dengan bekal cairan dan vitamin. Penting juga mempersiapkan pakaian hangat tambahan jika ternyata di Tanah Suci sedang berlangsung musim dingin.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!