Agar Ibu Tak Kurang Tidur Pascamelahirkan

Setelah hamil selama sembilan bulan, masa  setelah melahirkan adalah fase baru yang melelahkan untuk ibu. Apalagi untuk ibu menyusui (Busui) yang berkomitmen memberikan ASI ekslusif untuk bayinya. Kondisi bayi baru lahir yang masih sering terbangun tiap 3-4 jam sekali, membuat ibu sering kurang tidur. Padahal kurang tidur pada ibu bisa berakibat buruk. Stres, tekanan darah rendah dan gangguan kesehatan lain mengancam ibu yang kurang tidur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar ibu tidak kurang tidur pasca melahirkan:

  • Ciptakan kondisi yang mendukung tidur

Kurang tidur pada ibu bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti, merasa sangat lelah, stress, mudah marah, dan sensitif, hingga sulit berkonsentrasi. Dalam waktu yang lama, kurang tidur dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti peningkatan berat badan, dan meningkatnya risiko jantung dan diabetes. Yang perlu dilakukan agar ibu tak kurang tidur, adalah dengan menciptakan kondisi yang mendukung ibu dapat beristirahat dengan tenang. 

  • Manjakan diri

Memanjakan diri bisa menjadi salah satu cara agar ibu dapat tidur dengan nyenyak. Pijat  badan, perawatan spa, facial juga creambath dapat membantu ibu merasa lebih rileks. Tubuh yang rileks akan membuat ibu mudah beristirahat. Jika melakukan perawatan di luar belum memungkinkan, lakukan cara sederhana untuk rileks di rumah, misalnya mandi air hangat dengan garam mandi atau minyak esensial.  Saat mandi, beri pijatan lembut di sekitar leher dan pundak.

  • Kurangi kafein

Kurangi kafein atau minuman berkarbonasi di sore atau malam hari. Kafein membuat Anda terjaga di malam hari, juga membuat Anda lebih sering berkemih, karena sifat diuretiknya. Sementara minuman karbonasi membuat lambung terasa penuh dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Jika Anda memang berencana untuk beristirahat, maka sebaiknya kurangi pemakaian gawai dan benda-benda elektronik lainnya di kamar tidur. Matikan Ponsel, televisi, dan redupkan lampu untuk membantu Anda tidur lebih mudah.

  • Menu seimbang

Makan dengan menu seimbang serta berolahraga dapat membantu memperbaiki metabolisme yang terganggu akibat kurang istirahat. Untuk olahraga, pilihlah yoga atau olahraga ringan kapan pun Anda ada waktu. Olahraga dapat membantu Anda meregangkan otot-otot yang kaku, sehingga Anda merasa lebih rileks, sementara lelah akibat berolahraga akan membuat Anda mudah jatuh tertidur.

  • Buat skala prioritas

Tak perlu selalu menjadi super Mom, jangan memaksa diri melakukan semua hal di rumah dengan tangan Anda. Buatlah skala prioritas, mana pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, dan mana yang bisa didelegasikan atau ditunda untuk dikerjakan. Jangan segan meminta bantuan suami atau anggota keluarga yang lain. Ingat! Kesehatan fisik dan jiwa ibu jauh lebih penting ketimbang tuntutan agar rumah tampak selalu rapi.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!