4 Kegiatan Ini Bisa Melatih Tanggungjawab Anak

Membentuk pribadi anak yang penuh tanggung jawab bukan pekerjaan yang mudah. Namun sebenarnya tidak sulit juga dilakukan. Melatih tanggungjawab anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya melalui pembiasaan. Empat kegiatan di bawah ini efektif sebagai kegiatan pembiasaan yang dapat melatih tanggung jawab anak:

  • Membereskan mainan

Saat membelikan mainan, beritahukan konsekuensinya. Bahwa anaklah yang bertanggungjawab merawat dan Setelah bermain, biasakan anak untuk membereskan mainannya sendiri. Memasukkan kepingan-kepingan lego atau mainan lain ke tempatnya, merapikan tempat penyimpanan mainan dan kemudian membersihkan tempat bermain.

  • Merawat binatang piaraan

Anak akan senang bila diizinkan memiliki binatang piaraan.  Izinkan dia memiliki binatang yang disukainya dengan syarat mereka sendiri yang merawat. Orangtua hanya mendampingi saja. Ingatkan anak ketika waktunya memberi makan dan memandikan. Merawat binatang sekaligus bisa membangun rasa sayang terhadap sesama makhluk Tuhan.

  • Menyiapkan perlengkapan sekolah

Anak yang sudah bersekolah sebaiknya dibiasakan menyiapkan perlengkapan sekolahnya sendiri. Dari menyiapkan buku yang harus dibawa, seragam sekolah, perlengkapan olahraga. Termasuk juga meraut pensil dan mengecek semua peralatan sehari sebelum sekolah. Orangtua hanya mengingatkan, membantu dan memastikan semua sudah dilakukan dengan benar sesuai jadwal.

  • Merapikan kamar

Saat anak masuk usia sekolah dasar, sudah waktunya anak dibiasakan merapikan kamarnya sendiri. Begitu bangun tidur ingatkan untuk membuka gorden/jendela, merapikan selimut, membersihkan dan merapikan sprei dan menyusun bantal-guling. Ingatkan dan bantu mengembalikan letak barang-barang dan membersihkan setiap sudut kamar.

Pembiasaan dengan kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas bisa terus dilakukan hingga anak masuk usia remaja. Jangan bosan mengingatkan dengan cara yang baik. Lambat laun anak akan terbiasa berlaku tanggung jawab terhadap semua hal.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!