Agar Anak Tetap Aktif Meski di Rumah Saja

Sudah hampir tiga bulan lamanya kebijakan social distancing diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 secara luas. Anak-anak pun makin terbiasa belajar di rumah, sementara para orangtua juga telah melakukan sejumlah penyesuaian terkait rutinitas mengurus anak maupun pekerjaan. Kondisi yang membuat anak-anak tidak bisa bebas bermain di ruang terbuka membuat mereka kehilangan kesempatan untuk beraktivitas fisik. Tapi, ada beberapa alternatif cara agar Si Kecil tetap aktif meski tetap #dirumahaja.

Pada dasarnya, anak-anak paling suka bermain. Anak perlu beraktivitas fisik untuk melatih otot dan syaraf motoriknya. Untuk itu, pilihkan permainan yang memancing mereka untuk aktif bergerak. Salah satunya bermain bubble. Permainan ini sungguh asyik dimainkan oleh siapapun, bahkan orang dewasa sekalipun. Biasanya Si Kecil akan keasyikan berlari ke sana kemari mengejar gelembung-gelembung sabun yang sangat mudah dibuat. Anda bisa mengajak si kecil bermain bubble di teras rumah ataupun di garasi. Bermain bubble bikin anak aktif bergerak dan bersuka ria sekaligus.

Role play menjadi petani. Anda punya sisa lahan di halaman depan atau belakang? Ajak anak Anda beramin tokoh menjadi petani. Ajak Si Kecil menggemburkan tanah, menyiapkan tanah untuk ditanami, lalu menyemai benih sayuran atau buah seperti timun, tomat dan cabai. Aktivitas ini bisa rutin dilakukan, selama merawat tanaman. Selain anak tetap aktif secara fisik, dia pun akan terpapar sinar matahari pagi yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung imunitas.

Berenang dengan kolam karet. Bermain air menjadi aktivitas yang digandrungi hampir semua anak-anak. Nah, karena berenang di kolam publik sedang dilarang, Anda bisa lho mengajak Si Kecil berenang dengan kolam karet mini. Cukup dipompa dan diisi air, Si kecil bisa langsung berenang dan main air. Kolam renang karet ini bisa dipakai di halaman belakang rumah, atau jika tidak ada halaman, Anda bisa menggelar kolam digarasi.

Selain bermain air, kolam renang mini juga bisa digunakan untuk mandi bola lho. Anda tinggal belanja bola plastik yang banyak dijual di supermarket. Selain kolam plastik, mandi bola juga bisa memakai tenda anak jika ada. Anda juga bisa membuat permainan perang-perangan ataupun lempar bola. Aktivitas ini membuat kemampuan motorik Si Kecil semakin terasah dan otot tubuhnya sehat. Tentunya, Si Kecil tetap bisa aktif dan bersemangat selama harus tetap #dirumahaja.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!
Daftarkan email Anda dan dapatkan info terupdate dari kami