Anak-Anak Wajib Pakai Masker saat Pandemi, Kecuali ini

Berdasarkan rekomendasi WHO, anak wajib memakai masker ketika berada di ruang publik, misal di sekolah dan di tempat bermain. Wajib memakai masker merupakan salah satu upaya untuk mematuhi protokoler kesehatan pada masa pandemi Covid-19 ini. Anda harus disiplin dalam menerapkan aturan wajib memakai masker.

Meski demikian tidak semua anak wajib memakai masker di ruang publik. Sebagai orangtua, Anda perlu mengetahui siapa saja anak yang bisa dikecualikan untuk tidak pakai masker. Berikut seperti dilansir Covid19.go.id

●  Anak yang belum berusia lebih dari 5 tahun tidak wajib memakai masker karena demi kesehatan dan dia belum dapat memakai masker dengan benar. Anda sebaiknya tidak memaksakan kehendak kepada anak-anak golongan usia tersebut untuk memakai masker. Anak-anak usia Balita biasanya cenderung menolak memakai masker sebab merasa kurang nyaman dan terganggu gerakannya. Apalagi, mereka belum mampu menggunakan masker dengan baik dan benar.

●  Anak-anak tidak wajib memakai masker saat berada di rumah dan tidak bergejala Covid-19 atau tidak ada pasien Covid-19 di dalam rumah. Apabila Anda tetap meminta mereka memakai masker justru bisa membuat anak tidak nyaman dan pemakaian masker yang terlalu lama dapat menimbulkan pernapasan terganggu. Pastikanlah penggunaan masker pada anak-anak hendaknya memperhatikan kondisi di rumah terlebih dahulu apakah memang benar-benar diperlukan atau tidak.

● Pada kondisi tertentu, anak tidak wajib memakai masker. Sebagai contoh saat ada kebutuhan khusus untuk melihat mulut anak. Anda bisa menggantinya dengan faceshield. Jika dipaksakan menggunakan masker maka hanya akan menyulitkan proses melihat mulut anak.

●  Saat bermain atau melakukan aktivitas fisik lainnya, bagi anak berkebutuhan khusus wajib memakai masker jika memang dinilai perlu oleh orangtuanya wali, tenaga pendidikan atau tenaga kesehatan. Anda harus memastikan apakah anak berkebutuhan khusus itu perlu memakai masker atau tidak. Jika memang tidak perlu memakai masker maka tetap harus ada perhatian saat anak-anak berkebutuhan khusus itu beraktivitas.

  ●  Anak-anak tidak wajib memakai masker ketika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik seperti bermain. Tujuannya yaitu supaya pernafasannya tidak terganggu. Meski demikian Anda harus mengetahui syaratnya yaitu menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain, membatasi jumlah anak yang beraktivitas bersama dan tetap rutin mencuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer. Syarat-syarat itu harus dijalankan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19

Suka artikel ini? Ayo bagikan!