Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Anak Bau Badan? Coba Tips Ini Yuk!

Senangnya bila melihat si kecil sehat dan aktif. Ia suka sekali bergerak, bermain, berlarian, dan melakukan banyak aktivitas sepanjang hari dengan ceria dan penuh semangat. Tapi ketika segudang aktivitasnya itu membuatnya berkeringat dan sering menimbulkan bau badan yang tidak sedap, tentu tidak enak juga ya, Ayah-Ibu? 

Masalah bau badan pada anak ini selain bisa mengganggu kenyamanan orang di sekitarnya, juga bisa berdampak mengurangi rasa percaya dirinya. Nah untuk mengatasinya, Ayah-Ibu bisa coba beberapa cara di bawah ini:  

  • Jaga kebersihan tubuh dan pakaian 

Latihlah anak agar senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan pakaiannya. Bau badan pada anak bisa muncul karena keringat yang terkena bakteri. Sehingga meskipun aktivitas anak banyak, bahkan kadang harus berkotor-kotoran, pastikan setelah melakukan semua aktivitasnya tersebut ia kemudian membersihkan diri atau mandi dan segera berganti pakaian. 

  • Mandi rutin dan benar

Biasakan anak untuk mandi secara rutin, setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Terutama bagi anak yang mudah bau badan, ada baiknya mandi lebih sering. Namun Ayah-Ibu juga perlu mengajari anak cara mandi yang benar, yakni dengan membersihkan seluruh bagian tubuh. Setelah selesai, pastikan semua bagian tubuhnya kering terlebih dulu, khususnya pada bagian lipatan tubuh seperti ketiak dan area kemaluan, hingga kaki, baru kemudian berpakaian. 

  • Pilih bahan pakaian yang tepat

Ada jenis bahan pakaian tertentu yang bisa membuat tubuh anak lebih mudah berkeringat. Untuk mencegah munculnya masalah bau badan, cobalah memilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat, adhem, dan nyaman digunakan anak, misalnya yang berbahan katun atau campurannya. Pastikan juga pakaian bersih dan kering ketika dikenakan. 

  • Perhatikan makanan

Makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi bau badan anak, terutama dari jenis makanan yang beraroma kuat, seperti yang berbahan bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay, ikan, telur, daging merah, susu nonorganik, makanan pedas, atau mungkin makanan lainnya. Sebaiknya kurangi atau hindari memberikan jenis makanan tersebut kepada anak jika ia mengalami masalah bau badan.

  • Daun sirih

Dengan berbagai khasiatnya, daun sirih dapat membantu mengatasi bau badan anak. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih lalu campurkan dengan air mandi anak dan gunakanlah untuk mandi. Lakukan hal ini secara rutin sampai bau badan anak tidak muncul lagi. 

  • Perasan air lemon

Ayah-Ibu bisa memanfaatkan buah lemon untuk mengatasi bau badan pada anak. Caranya, peras buah lemon. Anda bisa mengoleskan atau membalurkannya pada tubuh anak setiap kali sebelum mandi, tunggu selama beberapa menit, lalu bilas. Atau bisa juga dengan mencampurkan perasan air lemon tersebut dalam air mandi si kecil. 

  • Jus tomat

Jus tomat bukan hanya segar bila diminum. Lebih dari itu bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau badan pada anak. Campurkan jus tomat pada air mandi anak, gunakan untuk berendam, setelah beberapa menit lalu bilas atau mandi. Lakukan hal ini secara rutin.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer