Anak Suka Jajan, Gimana Dong?

Siapa sih yang tidak tertarik melihat aneka jajanan yang tampilannya begitu menarik di luar sana? Terutama anak-anak, pasti suka. Apalagi jika selain tampilannya yang menarik, rasanya juga enak.  Sebenarnya wajar saja anak suka aneka jajanan. Yang tidak wajar adalah jika anak terlalu sering jajan, tak bisa dicegah hingga dia lebih sering mengonsumsi jajanan dari luar dibanding makanan di rumahnya sendiri. Padahal makanan di rumah tentu lebih terjamin kebersihan dan gizinya daripada jajanan  di luar sana. Yang parah adalah ketika anak sampai tidak mau makan dan pilih mengonsumsi jajanan.

Lantas apa yang harus dilakukan? Ini dia yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi persoalan anak suka jajan:

  • Beri pengertian

Berikan pengertian kepada anak, tentang bahayanya jajan sembarangan. Beri pemahaman bahwa makanan di rumah lebih terjamin gizi dan kebersihannya dibanding yang ada di luar.

  • Pastikan anak makan cukup kenyang

Sebelum anak keluar rumah misalnya sekolah atau ke tempat lain, pastikan dia dalam keadaan kenyang. Anak yang sudah merasa kenyang tidak akan punya keinginan yang meluap-luap untuk jajan lagi di luar.

  • Sediakan jajanan yang menarik di rumah

Coba sediakan jajanan kegemarannya tapi versi yang dibuat sendiri. Kalau makanan kesukaannya sudah tersedia di rumah, anak tidak akan ingin jajan lagi makanan yang sama di luar.

  • Jangan berikan uang terlalu banyak

Jangan beri anak uang yang terlalu banyak sehingga dia memiliki keleluasaan untuk menggunakannya membeli jananan.

  • Biasakan bawa bekal

Saat ke sekolah ataupun pergi ke tempat lain, biasakan membawa bekal makanan sehat dari rumah. Buat tampilan bekal ini semenarik mungkin sehingga anak tidak lagi ingin membeli makanan lain di luar.

  • Beri keteladanan

Terakhir, orangtua harus bisa menjadi teladan bagi anak. Ketika anak dijauhkan dari jajanan di luar, orangtua jangan membeli jajanan di luar. Ketika anak diminta membawa bekal, orangtua juga harus lebih dulu melakukannya dengan membiasakan membawa bekal ke kantor.

Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Ayo bagikan!