Anak Terus Merasa Lapar? Waspadai Polyphagia

Urusan makan anak, biasanya bikin para orangtua pusing. Tak sedikit anak yang doyan makan tapi tubuhnya kurus. Ada anak yang susah makan, ada pula yang pilih-pilih makanan serta problem lainnya yang berhubungan dengan nafsu makan yang rendah. Ini masalah yang mengkhawatirkan karena anak-anak di masa pertumbuhan membutuhkan gizi cukup dan nutrisi yang seimbang. Hingga orangtua biasanya minta vitamin penambah nafsu makan pada dokter.

Tapi di balik problem rendahnya nafsu makan anak, ada masalah lain yang merupakan kebalikannya. Anak yang punya nafsu makan berlebihan, hingga selalu merasa lapar terus-menerus. Kondisi ini disebut polyphagia. Polyphalgia adalah kondisi di mana seseorang mempunyai nafsu makan yang besar hingga terus merasa lapar yang amat sangat. Pada anak, rasa lapar tak kunjung terpuaskan walau baru saja selesai makan dengan porsi besar.

Polyphalgia bisa merupakan akibat dari ketidaknormalan dalam tubuh. Misalnya:

  • Hipoglikemia, rendahnya kadar gula dalam tubuh.
  • Hipertiroid, di mana tiroid bekerja sangat cepat.
  • Diabetes, di mana tubuh tak mampu memproduksi insulin ataupun tak mampu menggunakan insulin dengan baik.
  • Stres, yang bisa juga dialami oleh anak dan kemudian dilampiaskan dengan makan berlebihan.

Melihat anak yang terus merasa lapar, orangtua biasanya tidak akan tega. Lalu membiarkan anak terus makan. Kadang gejala ini dibarengi dengan rasa haus dan sering buang air kecil. Bila menemui kondisi seperti itu, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter. Sebab acapkali polyphagia yang dibarengi gejala haus dan sering buang air kecil pada anak maupun dewasa merupakan gejala penyakit seperti diabetes. Polyphagia yang dialami terjadi karena penumpukan gula pada tubuh, yang tak mampu memproduksi insulin secara maksimal. Padahal insulin berperan mengubah gula menjadi energi. Sel tubuh berusaha meningkatkan asupan energi dengan mengirim sinyal lapar ke otak. Itu sebabnya anak terus merasa lapar. Rasa lapar tidak hilang walaupun sudah makan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!