Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Anak Tidak Suka Makan Nasi? Makanan Ini Bisa Jadi Gantinya

Bagi mayoritas orang Indonesia, nasi biasanya menjadi salah satu menu yang wajib ada untuk dikonsumsi setiap hari. Bahkan ada yang menganggap belum makan jika seharian belum makan nasi. 

Tapi bagaimana jika si kecil justru tidak suka makan nasi? Ia selalu menghindari nasi sekalipun ibu sudah mengkreasikannya dalam bentuk secantik atau selucu mungkin. Hal ini mungkin membuat ibu khawatir jika anak sampai kekurangan gizi, terutama karena nasi mengandung banyak karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuhnya. 

Jangan bingung, Bu. Sebenarnya tidak masalah jika si kecil tidak makan nasi. Anda bisa menggantikan nasi dengan jenis makanan lain yang kandungan nutrisinya sama dengan nasi. Ada jenis buah dan sayur juga lho! Apa saja itu? Beberapa di antaranya bisa Anda simak berikut ini: 

  • Kentang

Kentang kaya akan karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh kita, termasuk untuk si kecil. Selain itu kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral dalam kentang juga pasti sangat baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Kentang bahkan banyak dipilih dan cukup populer sebagai makanan pengganti nasi untuk menu makanan bagi orang yang sedang menjalani program diet. 

  • Jagung

Selain tinggi karbohidrat, jagung juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang menyehatkan tubuh. Jagung rebus segar rasanya cenderung manis sehingga bisa menjadi daya tarik bagi si kecil agar mau mengkonsumsinya. Ibu juga bisa mengolahnya menjadi nasi jagung yang cukup mengenyangkan setelah dimakan. 

  • Pisang

Pisang bisa gantikan nasi? Jangan salah lho, Bu. Pisang juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Kadar karbohidrat dalam pisang bahkan mencapai 23 persen dari total nutrisi. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, vitamin B6, dan vitamin C yang pastinya bermanfaat bagi tubuh.

  • Pasta

Berbahan dasar gandum, pasta kaya akan karbohidrat kompleks, terutama pati. Pasta rendah lemak namun tinggi protein yang mengandung 8 jenis asam amino esensial. Asam amino ini bermanfaat bagi tubuh diantaranya membantu pertumbuhan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, hingga membentuk sistem kekebalan tubuh. 

Aneka pasta seperti spaghetti, makaroni, dan lasagna, bisa dipilih juga sebagai pengganti nasi. Olahan makanan alternatif ini cukup banyak disukai anak lho! 

  • Sereal

Sarapan dengan sereal saat ini sudah menjadi tren di sejumlah kalangan, termasuk keluarga muda. Sereal bisa berbahan dasar gandum, jagung, beras, atau oats, yang mengandung karbohidrat, juga menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh. Biasanya sereal juga diperkaya dengan banyak vitamin dan mineral, serta folat, vitamin, dan zat besi. 

Tapi pastikan sereal yang ibu pilih untuk diberikan kepada anak terbuat dari bahan alami dan bebas dari pengawet dan rendah gula, agar manfaat sereal untuk tubuh bisa maksimal. Untuk memastikannya, Anda bisa membaca label bahan sereal dalam kemasannya. 

  • Kacang merah

Anda bisa memasak kacang merah dalam bentuk sup yang akan mengundang selera makan si kecil. Kacang merah ini mengandung karbohidrat tinggi dalam bentuk serat dan pati. Selain itu kacang merah juga kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer