Ancaman Obesitas karena Terlalu Lama Berdiam Diri di Rumah

Pandemi yang belum ketahuan kapan akan berakhir, membuat banyak orang menahan diri untuk bepergian secara bebas ke mana pun. Meski adaptasi tatanan hidup baru sudah mulai berlaku di tempat-tempat keramaian seperti mal dan tempat tujuan wisata, tak urung sebagian besar orang masih menahan diri untuk bepergian.  Jika Anda adalah salah satunya, maka perlu mewaspadai ancaman obesitas karena terlalu lama diam di rumah yang bisa menimpa setiap anggota keluarga baik yang dewasa maupun anak-anak.

Menghabiskan sebagian besar waktu di dalam rumah saja ternyata dapat memicu stres, rasa cemas, dan bahkan insomnia. Apalagi jika Anda malas berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kenneth Wright, Kepala Sleep and Chronobiology Laboratory University of Colorado mengatakan, tubuh membutuhkan sinar matahari untuk mengatur kembali jam tidur alam bawah sadar (ritme sirkardian), mengatur mood dan energi tubuh. Terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam rumah juga memicu obesitas, diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

Agar tidak terjebak pada pola hidup sedentary atau pola akvititas yang minim mengeluarkan energi maka Anda harus menciptakan kebiasaan baru. Pola makan, harus lebih tertib dari biasanya. Jam makan yang teratur dengan menu yang sehat akan mencegah Anda terkena obesitas. Begitu juga dengan pola aktivitas. Olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari harus menjadi kegiatan harian, atau minimal tiga kali dalam sepekan.

Berolahraga pun tidak musti Anda lakukan dengan keluar rumah atau pergi ke pusat kebugaran. Hindari tren bersepeda berombongan seperti yang sekarang marak. Anda bisa melakukan yoga, zumba, aerobic dengan panduan instruktur secara online atau mengikuti instruksi video di YouTube. Apalagi jika Anda memiliki sarana olahraga di rumah seperti sepeda statis, dumbel dan sebagainya, Anda bisa lebih sering berolahraga.

Selain  itu, hindari kebiasaan ngemil sembari beraktivitas seperti saat bekerja daring, membaca buku, atau saat menyaksikan tayangan televisi. Jika terpaksa harus ngemil, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, bukan camilan produk kemasan seperti keripik kentang, coklat atau makanan yang berpotensi membuat berat badan Anda meningkat.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!