Apakah Anak PG/TK Butuh Les Baca-Tulis?

Tak sedikit orangtua memanggil guru les privat baca-tulis untuk anak yang masih duduk di kelompok bermain/play group (PG) dan taman kanak-kanak (TK/SD).  Orangtua khawatir kalau anak belum bisa membaca dan menulis, tidak bisa mengikuti pelajaran saat di SD nanti. Benarkah anak usia PG/TK butuh les baca/tulis? Menurut psikolog Siti Nurina Hakim yang juga dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, sebenarnya anak usia PG/TK tidak butuh les membaca/menulis.

Les membaca/menulis, menurut Nurina, hanya akan mengajari mereka membaca dan menulis. Dan itu malahan akan menjauhkan mereka dari kecintaan membaca. Padahal yang lebih penting untuk ditumbuhkan adalah kecintaan membaca dan selanjutnya kecintaan pada belajar. Adapun modal penting mencintai belajar adalah cinta membaca/menulis. Oleh karena itu, tugas orangtua adalah menumbuhkan kecintaan pada membaca.

Rajin belajar berbeda dengan cinta belajar. Yang perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak sangat dini adalah cinta belajar. Apabila anak sudah cinta belajar, walau tidak disuruh akan rajin belajar dengan sendirinya. Orangtua sebaiknya tidak menyuruh anak belajar agar berhasil. Tapi tanamkan pada anak bahwa belajar akan membuat mereka lebih tahu, lebih berilmu. Orang yang berilmu derajatnya lebih tinggi dibanding orang yang tidak berilmu.

Anak yang sudah mempunyai kecintaan membaca akan cinta belajar. Mereka akan termotivasi dengan sendirinya untuk belajar membaca dan menulis. Dampak dari kecintaan membaca tidak hanya itu. Anak yang banyak membaca akan lebih kritis dan selalu punya pertanyaan tentang banyak hal yang ada di sekitarnya. Otomatis mereka akan belajar lagi untuk menjawab pertanyaan yang ada di dalam benaknya.

Akhirnya, mereka akan terus belajar untuk memuaskan kebutuhan akan pengetahuan. Ini sangat penting bagi perkembangan anak. Dan demikianlah esensi belajar, ketika belajar bukan sekadar untuk mendapatkan nilai bagus atau menyenangkan hati orangtua. Melainkan belajar karena kebutuhan akan ilmu.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!