Atur Pola Makan Anak, Ini Caranya

Pola makan anak tak boleh sembarangan. Pola makan yang baik akan membantu tumbuh kembang anak sehingga lebih optimal. Oleh karena itu pola makan anak harus diatur sedemikian rupa sehingga terasa manfaatnya bagi anak. Dokter spesialis anak dari Klinik Cerdas Ceria Solo, dr Rusmawati SpA MKes dalam seminar parenting di Solo baru-baru ini mengingatkan para orangtua agar mengatur pola makan anak.

Pengaturan pola makan anak meliputi tiga kategori, yaitu:

  • Penjadwalan
    Orangtua harus menjadwalkan waktu makan regular bagi anak-anak. Pemberian makanan dilakukan secara disiplin sesuai jadwal. Jangan sembarangan memberikan snack. Hanya snack terprogram yang diperbolehkan. Adapun waktu makan tak boleh lebih dari 30 menit. Dan tidak ada yang boleh diberikan di antara waktu makan kecuali air.
  • Lingkungan
    Saat pemberian makanan, ciptakan atmosfer yang netral, tanpa ada pemaksaan. Anak sebaiknya duduk di kursi agar  berantakannya terlokalisir.  Sementara itu aktivitas makan seharusnya tidak dibarengi aktivitas lain. Jadi makan ya makan saja, jangan sambil bermain-main. Orangtua sebaiknya tidak memberikan makanan sebagai hadiah. Karena makan adalah kebutuhan.
  • Prosedur
    Prosedur dalam pola makan anak yang baik adalah porsinya kecil. Makan dimulai dari makanan padat dulu baru cair. Anak sejak kecil sebaiknya dibiarkan makan sendiri (self feeding), bukan disuapi terus dengan alasan biar cepat/praktis. Bersihkan makanan bila anak bermain saja dengan makanannya tapi tidak dimakan, sementara waktu sudah berlalu 10-15 menit. Stop makan bila anak melempar makanan dengan marah.

Bila makan sudah selesai, akhiri dengan membersihkan mulut anak.

Kadang pengaturan pola makan anak tidak mulus begitu saja. Ada sejumlah masalah pada anak-anak yang susah makan, pemilih makanan dan lain-lain. Bila Ibu mempunyai masalah dengan pola makan anak, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para ahli termasuk dokter anak yang mempunyai keahlian khusus pada tumbuh kembang.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!