Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Begini Tips Mendampingi dan Menghadapi Anak Beranjak Remaja

Saat usia anak-anak masih kecil biasanya relatif lebih mudah bagi orangtuanya untuk mengasuh maupun mengatur mereka. Tapi ketika anak beranjak remaja, ada baiknya Ayah-Ibu menerapkan strategi yang sedikit berbeda dengan sebelumnya dalam hal pola asuh dan cara mendidiknya. 

Sebab remaja itu unik. Mereka sedang mengalami perubahan dan peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Diperlakukan seperti anak-anak, mereka sudah tidak mau. Remaja akan lebih kritis, cenderung menginginkan kebebasan, tidak suka diatur-atur atau dikekang. Namun dari cara berpikir, remaja relatif belum matang sehingga mereka tetap membutuhkan bimbingan dan pendampingan dari orang yang lebih dewasa, khususnya orangtua. 

Konselor Keluarga, Anak, dan Remaja, yang juga Dosen IAIN Surakarta FUD dan FEBI Jurusan Bimbingan Konseling Islam dan Psikologi Islam dan Manajemen Bisnis Syariah, Ernawati, S. Psi, M. Psi, cd Dr menyampaikan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan orangtua dalam mengasuh dan mendidik remaja. Coba simak yuk! 

  • Jadilah sahabat

Mendidik remaja diibaratkan seperti memegang segenggam pasir dalam tangan. Orangtua bertipe otoriter, mengasuh dan mendidik anak dengan keras atau terlalu ketat, justru bisa membuat remaja mencari celah di antara genggaman keras agar bisa merasa lebih bebas. Ibarat menggenggam pasir, bila genggaman terlalu keras, maka pasir justru akan keluar dari celah jari sedikit demi sedikit hingga suatu saat hilang. 

Namun bila orangtua termasuk tipe membiarkan, ibarat menggenggam pasir dengan terlalu longgar, maka pasir pun akan keluar lebih banyak dan menghilang lebih cepat. Biasanya tipe orangtua seperti ini lebih banyak memberikan kebebasan tanpa merangkul remaja, menganggap remaja sudah cukup gede, sehingga orangtua terkesan cuek dan sibuk dengan urusan sendiri.

Biasanya, yang jadi idola remaja adalah orangtua bertipe demokratis atau tipe sahabat. Ibarat memegang pasir, tidak terlalu erat tapi juga tidak terlalu longgar, sehingga pasir bisa bertahan lama dalam genggaman. Orangtua tipe ini mampu bermain peran dengan baik, mengetahui kapan waktunya menjadi sahabat bagi anak remajanya. Anak akan merasa nyaman bercerita dan mencurahkan hatinya, senantiasa merindukan orangtua layaknya merindukan sahabat terbaiknya. 

  • Jalin komunikasi efektif
    Sebagai orangtua, jangan melulu hanya berharap remaja mengerti apa yang dimau orangtua, namun orang tua juga harus belajar untuk bisa mengerti jiwa dan kemauan remaja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melatih diri sebagai orangtua untuk berkomunikasi efektif dengan remaja. Jangan selalu menggurui, menyudutkan, dan mengintrogasi anak hingga ia merasa tidak nyaman dan justru akan menjaga jarak dengan orangtua. 
  • Terapkan disiplin
    Ajak remaja berdiskusi tentang aturan yang akan disepakati bersama, jangan sekedar memberi aturan tanpa melibatkan pendapat remaja. Ini penting sebab bisa untuk melatih tanggung jawab dan keberanian berpendapat pada remaja. Hal lain yang bisa dilatih adalah dengan pembiasaan yang baik di rumah. Mungkin dibutuhkan waktu 3 sampai 6 hari untuk menerapkan dengan sedikit dipaksa, misalnya aturan disepakati bangun pagi pukul 04.00 WIB untuk beribadah, maka orang tua wajib bangun dan “memaksa” remaja untuk melaksanakannya. Biasanya setelah 3 sampai 6 hari kebiasaan atau disiplin tersebut dipaksa maka selanjutnya akan menjadi kebiasaan yang baik, selanjutnya kebiasaan yang baik akan membentuk karakter yang baik. 
Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer