Bentuk Bantuan Ayah saat Menyapih

Proses menyapih anak terkadang menjadi hal yang tidak mudah bagi ibu. Ketika ibu sudah melakukan berbagai cara dalam menyapih, si kecil bisa jadi malah rewel, menangis, mengamuk, bahkan tantrum karena tetap ingin menyusu. Tentunya upaya ini tidak bisa lagi dilakukan ibu sendirian. Peran ayah sangat penting dalam hal ini. Bantuan dari ayah sangat dibutuhkan demi keberhasilan proses ini. 

Idealnya menyapih dilakukan dengan cinta. Di sinilah ayah bisa ikut terlibat dalam proses tersebut. Lewat proses ini pula, ayah sekaligus bisa menjalin kedekatan lebih kuat dengan buah hati. Lalu apa saja bentuk bantuan bisa diberikan ayah selama proses menyapih si kecil? Coba tips berikut ini: 

  • Luangkan waktu lebih banyak untuk anak
    Kesibukan ayah bekerja di luar rumah memang dapat menyita waktu. Tak heran anak-anak lebih sering bersama ibu dan mereka pun biasanya lebih dekat dengan ibunya. Namun diharapkan ayah tetap meluangkan waktunya agar bisa bersama anak. Terutama di malam hari menjelang tidur, pastikan ayah sudah ada di dekat si kecil. Ajaklah anak melakukan rutinitas sebelum tidur bersama-sama, seperti mencuci tangan-kaki dan menggosok gigi. 
  • Tidur bersama anak
    Selama ini anak mungkin terbiasa nyaman tidur sambil menyusu pada ibu. Namun kini saatnya ayah menemaninya. Kemungkinan saat inilah yang paling sulit sehingga sebisa mungkin ayah harus membuatnya tidur dengan suasana yang nyaman. Ketika anak mulai ingin menyusu, alihkan perhatiannya, misalkan dengan ayah membacakan buku cerita, berdoa sebelum tidur, mengusap-usap kepala atau punggungnya, memeluk, atau memijatnya. Ada kalanya anak terbangun di tengah malam lalu mencari-cari sang ibu dan ingin menyusu. Saat seperti ini, ayah harus siap siaga untuk menenangkan anak hingga dapat tertidur kembali. 
  • Siap di pagi hari
    Ketika anak bangun tidur di pagi hari, biasanya anak juga akan langsung mencari ibu dan minta menyusu. Saat ini juga menjadi tugas ayah untuk mengalihkan perhatiannya. Ajaklah ia bangun dan jalan-jalan sejenak menikmati udara pagi hari di luar rumah. Atau sempatkan diri mengajak anak bermain agar ia terlupa keinginannya untuk menyusu. Bahkan bila memungkinkan, ayah bisa ikut membantu memandikan hingga menyuapi anak saat makan. 
  • Memotivasi Ibu

Proses menyapih bisa juga menjadi masa-masa yang menguras emosi sang ibu. Ayah perlu menyadari hal ini. Jangan lupa untuk memotivasi sang ibu agar tetap konsisten menyapih si kecil tanpa keduanya harus merasa tertekan. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!