Cara Membatasi Penggunaan Gadget bagi Si Kecil

Tak dipungkiri pesona gadget telah “menyihir” siapapun. Hingga kadang manusia berusia berapapun akan terlena. Pada satu sisi seiring perkembangan zaman, gadget menjadi kebutuhan yang memudahkan hidup manusia. Sehingga gadget tak mesti dijauhkan dari anak-anak, melainkan hanya harus dibatasi agar tidak membuat anak kecanduan. Berikut ini adalah cara-cara membatasi penggunaan gadget pada anak:

  • Memberi pemahaman

Beri anak pemahaman tentang keuntungan dan kerugian penggunaan. Jelaskan mengapa penggunaannya harus dibatasi. Bagaimana dampaknya bila tidak dilakukan pembatasan. Jelaskan pula bahwa kebersamaan dalam keluarga sangat penting. Jangan sampai dirusak oleh keberadaan gadget.

  • Memasang fitur parental control (kontrol orangtua)

Pasang aplikasi parental control di ponsel Anda sehingga Anda bisa melihat penggunaan gadget si kecil melalui ponsel Anda.

  • Membatasi durasi

Batasi durasi penggunaan. Misalnya gadget hanya bisa digunakan anak pada akhir pekan dan hari libur. Atau Ananda bisa menggunakan gadget hanya di jam-jam tertentu dalam sahari.

  • Membuat aturan teknis

Terapkan aturan teknis peggunaan gadget. Misal saat makan bersama dilarang sambil menggunakan gadget. Atau menggunakan gadget tak boleh sambil tiduran. Bisa juga menggunakan gadget harus di ruangan yang ada mejanya sambil duduk, dan di tempat yang bisa dilihat oleh ayah/ibu.

  • Beri teladan

Sebagai orangtua, Anda wajib memberikan keteladanan dalam penggunaan gadget. Misal saat Anda menerapkan aturan larangan penggunaan gadget ketika makan bersama, maka Anda harus memulainya dengan meletakkan gadget Anda sendiri ketika makan bersama.

Gadget seperti mata pisau. Siapa yang menggunakannya dengan tepat akan mendapat keuntungan. Namun menggunakannya dengan sembarangan bisa melukai. Yuk ajak si kecil bijak dalam menggunakan gadget.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!