Ibu Menyusui Kena Covid-19, Harus Bagaimana?

Virus corona (Covid-19) memang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia hingga profesi. Tak terkecuali pada ibu menyusui. Saat mengetahui ibu menyusui terdeteksi positif virus corona, tentu akan muncul kekhawatiran tersendiri karena adanya kemungkinan bayi juga bisa tertular. Dengan kondisi tersebut, haruskah ibu menghentikan pemberian air susu ibu (ASI) untuk bayinya?

Saat ini informasi dan penelitian seputar kemungkinan ASI bisa menularkan virus corona memang masih sangat minim. Bahkan sejauh ini diketahui belum ada laporan kasus tentang bayi yang tertular virus corona karena ASI. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa ibu menyusui yang terkena virus Covid-19 tetap dapat menyusui bayinya. 

Nutrisi lengkap yang terdapat di dalam ASI sangat baik dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kandungan lemak, protein, enzim, gula, antibodi dan sel-sel darah putih pada ASI bahkan sangat dibutuhkan bayi untuk membangun sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya, agar ia kuat melawan berbagai virus, infeksi, atau penyakit. 

Yang harus diingat, risiko penularan infeksi virus corona dari ibu kepada bayinya tetap ada. Sehingga dalam proses menyusui ini, sang ibu harus senantiasa menerapkan protokol kesehatan semaksimal mungkin sebagai upaya pencegahan. Ini caranya:

  • Cuci tangan dengan benar
    Selalu cuci tangan Anda dengan sabun secara benar selama kurang lebih 20 detik, baik sebelum maupun sesudah menyentuh bayi. 
  • Bersihkan puting
    Selalu bersihkan puting payudara ibu serta kulit di sekitarnya sebelum maupun sesudah menyusui bayi Anda.
  • Gunakan masker
    Masker akan melindungi bayi dari droplet (percikan air liur) ketika ibu batuk atau bersin saat sedang menyusui. Namun usahakan pula untuk selalu memakai masker meskipun ibu dalam posisi tidak sedang menyusui si kecil. 
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
    Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, diharapkan bisa meningkatkan imunitas untuk melawan virus corona hingga kesehatan ibu membaik. 
  • Perah ASI
    Ibu bisa memerah ASI baik manual dengan tangan maupun dengan pompa ASI untuk diberikan kepada si kecil. Hal ini terutama ketika ibu mulai merasakan sakit akibat infeksi virus corona. Pastikan semua peralatan memerah ASI hingga alat untuk memberikan ASI kepada bayi, seperti botol susu, dot, atau pipet, atau sendok, selalu dalam keadaan bersih dan steril.
  • MPASI sehat untuk bayi 6 bulan ke atas
    Berikan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi untuk bayi usia 6 bulan ke atas yang sudah diberi makanan pendamping ASI (Mpasi). Hal ini juga sebagai upaya pencegahan agar si kecil tidak sampai terinfeksi virus corona. 
  • Konsultasi dengan dokter
    Jika sakit ibu dengan semua gejala Covid-19 terasa semakin berat, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan medis lebih lanjut. 
Suka artikel ini? Ayo bagikan!