Ide Camilan Sehat untuk Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, kita disarankan untuk tidak langsung menyantap makanan berat. Pasalnya, saluran pencernaan yang berhenti beroperasi selama beberapa jam sehari, bisa kaget dibuatnya. Sebagai gantinya, disarankan mengudap makanan ringan, sebagai pendamping minuman hangat. Berikut ini ide camilan sehat untuk berbuka puasa:

  • Kurma

Buah kurma bisa menjadi camilan yang cocok untuk  menemani air putih hangat saat berbuka. Selain disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, buah asal Timur Tengah ini juga sangat mudah ditemukan selama Ramadhan. Selain praktis, rasa manis alami yang ada dalam buah kurma, juga bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi sebagai camilan berbuka adalah 3-7 butir kurma.

  • Buah-buahan

Buah-buahan juga bisa jadi alternatif camilan sehat untuk berbuka. Pilihlah buah apel atau pisang. Anda bisa membuatnya sebagai fruit platter atau memakannya secara terpisah. Jangan lupa mengawalinya dengan air putih hangat. Kandungan air, serat dan gula dalam buah tersebut akan cukup sebagai asupan energi hingga Anda menjalankan ibadah Tarawih, sebelum nantinya dilanjutkan dengan makan berat.

  • Kacang-kacangan

Berikutnya, kacang-kacangan bisa dijadikan menu camilan berbuka puasa. Bentuknya bisa berupa bubur kacang hijau, kedelai rebus hingga camilan kering seperti kacang almond panggang dan kacang mete goreng. Anda bisa menemani camilan kering ini dengan secangkir teh hangat. Camilan dari keluarga kacang-kacangan ini dijamin nyaman di perut dan tidak membuat perut begah.

  • Kue tradisional

Kue-kue tradisional yang sangat beragam jenisnya juga bisa Anda jadikan pilihan camilan berbuka puasa. Mulai dari getuk, kue lumpur, dadar gulung, sosis goreng, putu ayu, pie buah dan masih banyak lagi jenisnya bisa dengan mudah Anda temukan di lapak penjaja makanan. Tak perlu keluar rumah untuk membeli makanan-makanan ini. Di masa pembatasan sosial akibat wabah Covid-19 ini, Anda tetap bisa berberlanja dengan mengandalkan layanan delivery order. 

Yang perlu diingat, apapun jenis camilan yang Anda konsumsi saat berbuka puasa, Anda perlu membatasi jumlahnya. Kadang, karena kalap mata, Anda bisa mengonsumsi begitu banyak jenis makanan sampai perut terasa begah. Karena inti dari puasa adalah menahan, maka meski telah berbuka Anda tetap harus menahan diri agar tidak makan berlebih-lebihan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!