Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Ide Quality Time Buat Keluarga Muda

Ayah seharian sibuk bekerja. Ibu mungkin juga harus bekerja, atau jika tidak, biasanya sudah repot dengan urusan pekerjaan rumah. Sementara anak-anak juga asyik dengan kegiatan masing-masing. Satu sama lain jadi jarang bertemu, berkomunikasi, atau saling memperhatikan. 

Di sinilah perlunya masing-masing meluangkan waktu untuk quality time atau waktu yang berkualitas, yaitu ketika semua anggota keluarga bisa berkumpul dan melakukan sejumlah aktivitas bersama-sama untuk menjalin kembali keakraban, kedekatan antara satu dengan lainnya, menumbuhkan sikap saling peduli di antara orangtua dan anak. 

Ada banyak pilihan atau ide quality time yang bisa Ayah-Ibu lakukan bersama buah hati tercinta agar waktu yang berharga di tengah kesibukan tersebut bisa benar-benar menghadirkan kesan dan meningkatkan bonding atau ikatan keluarga. Beberapa di antaranya seperti berikut ini: 

  • Makan bersama

Ini adalah cara paling mudah untuk mengisi quality time keluarga. Meski terlihat sederhana dan biasa saja, lewat makan bersama orangtua bisa membangun kedekatan dan kehangatan dengan anak-anak.

Saat sarapan, makan siang, atau makan malam, di rumah atau makan di luar, orangtua bisa menjalin komunikasi dengan anak, mengajaknya mengobrol, bercerita tentang berbagai aktivitas harian, curhat tentang teman-teman, yang baik atau yang menyebalkan, mengungkapkan rencana pribadi, atau apa saja. 

Ayah-Ibu bisa juga melibatkan anak dalam mempersiapkannya, seperti memilih menu makanan, memasaknya bersama, membuat minuman, menjajal resep baru, menyiapkan alat makan, hingga mencucinya bersama saat selesai makan. 

  • Olahraga bersama

Jalan-jalan pagi atau jogging, bersepeda, senam, yoga, atau berenang, bisa Anda pilih sebagai olah raga yang dilakukan bareng keluarga untuk menikmati quality time. Tubuh lebih bugar dan sehat, hubungan orangtua dan anak pun semakin erat. 

  • Bermain bersama

Quality time di rumah saja? Tidak masalah. Ayah-Ibu bisa mengajak si kecil bermain bersama. Main puzzle, lego, rumah-rumahan, membuat prakarya atau kerajinan tangan, atau permainan seru lainnya. Petak umpet juga boleh kok. Atau berkemah di rumah? Pasti seru tuh! 

  • Membacakan buku

Bagi Anda yang hobi membaca, tak ada salahnya menularkan kegemaran tersebut ke anak, salah satunya dengan sering mengajaknya membaca buku bersama. Banyak anak yang senang sekali dibacakan buku cerita oleh ayah atau ibunya, termasuk pada waktu malam menjelang anak tidur. 

  • Bersih-bersih rumah

Untuk anak yang usianya lebih besar, Ayah-Ibu bisa juga mengajaknya melakukan aktivitas yang bermanfaat, terutama saat hari libur. Misalnya bersih-bersih rumah bersama, menata ulang atau mendekorasi kamar, mencuci sepatu, atau berkebun. 

  • Rekreasi

Biasanya ini yang paling ditunggu-tunggu oleh semua anggota keluarga. Piknik, road trip, traveling ataupun agenda liburan seru lainnya, yang bisa dinikmati bersama suami/istri dan anak-anak tercinta untuk mengisi quality time. Ke pantai, ke daerah pegunungan, atau ke tempat-tempat wisata di kota lain, mungkin memang butuh anggaran lumayan besar sehingga sebelumnya harus menabung dan mempersiapkannya. Tapi jika demi menjaga keharmonisan dan kebahagiaan keluarga, mengapa tidak?

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Anak Bau Badan? Coba Tips Ini Yuk!

    Anak Bau Badan? Coba Tips Ini Yuk!

    Senangnya bila melihat si kecil sehat dan aktif. Ia suka sekali bergerak, bermain, berlarian, dan melakukan banyak aktivitas sepanjang hari dengan ceria dan penuh semangat. Tapi ketika segudang aktivi...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 10, 2021
  • Atasi Rambut Rontok Ibu Menyusui dengan Ini

    Atasi Rambut Rontok Ibu Menyusui dengan Ini

    Masalah kerontokan rambut selepas melahirkan atau pada masa-masa menyusui si kecil bisa menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu. Apalagi jika rambut rontok parah. Hampir setiap kali tubuh bergerak, r...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 10, 2021
  • Anak Tidak Suka Makan Nasi? Makanan Ini Bisa Jadi Gantinya

    Anak Tidak Suka Makan Nasi? Makanan Ini Bisa Jadi Gantinya

    Bagi mayoritas orang Indonesia, nasi biasanya menjadi salah satu menu yang wajib ada untuk dikonsumsi setiap hari. Bahkan ada yang menganggap belum makan jika seharian belum makan nasi.  Tapi bag...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 1, 2021
  • Ide Quality Time Buat Keluarga Muda

    Ide Quality Time Buat Keluarga Muda

    Ayah seharian sibuk bekerja. Ibu mungkin juga harus bekerja, atau jika tidak, biasanya sudah repot dengan urusan pekerjaan rumah. Sementara anak-anak juga asyik dengan kegiatan masing-masing. Satu sam...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 1, 2021
  • Pentingnya Quality Time untuk Perkembangan Mental Anak

    Pentingnya Quality Time untuk Perkembangan Mental Anak

    Ayah-Ibu termasuk orangtua yang super sibuk? Tuntutan pekerjaan, mengikuti berbagai kegiatan organisasi di masyarakat, atau tugas-tugas lain di luar rumah begitu menyita waktu Anda, sehingga waktu yan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Maret 31, 2021

Artikel Populer