Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Ini Tanda-Tanda Anak Alami Gangguan Mental

Ingat kisah Aga, pelajar SMP yang ditemukan meninggal dunia gantung diri di almari kamarnya? Aga mengalami depresi hingga nekat bunuh diri. Sebelum meninggal, Aga yang anak pintar, sarat prestasi akademik dan juga hafidz (penghafal kitab suci Alquran) sempat menuliskan sejumlah pesan di ponselnya tentang rencananya mengakhiri hidupnya. Sungguh tragis kisah Angga. Jangan sampai terjadi pada anak-anak lainnya.

Depresi adalah salah satu gangguan kesehatah mental yang bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Ada sejumlah kasus lain gangguan mental/kejiwaan pada anak yang apabila tidak dideteksi sejak dini bisa fatal seperti yang dialami Aga. Oleh karena itu masalah ini membutuhkan perhatian serius.  Berikut ini adalah tanda-tanda si kecil mengalami gangguan mental:


1. Perubahan mood
Si kecil mengalami perubahan mood. Bisa berupa mania (sangat bersemangat) dan bisa tak punya gairah, merasa sangat sedih (down). Bila ini berlangsung selama dua pekan, saatnya orangtua memberi perhatian. Berkonsultasilah dengan psikolog atau psikiater.

2. Kurang konsentrasi
Anak yang biasanya selalu fokus tiba-tiba kurang konsentrasi dalam pelajaran atau aktivitas lainnya. Banyak termenung dan melamun, akhirnya berpengaruh pada prestasi belajarnya yang turun drastis padahal biasanya prestasi si kecil selalu di rata-rata atas. Bila ini terjadi, waspadalah. Selidiki apa yang terjadi.

3. Perilaku ekstrem
Si kecil melakukan perilaku ekstrem seperti melukai diri sendiri. Jangan ragu untuk segera meminta bantuan pada psikiater.

4. Cemas dan takut berlebihan

Si kecil merasa cemas yang berlebihan (anxiety disosder). Dia mengeluh pada Ibu dan Ayah bahwa dia takut terhadap sesuatu yang sama sekali tidak menakutkan. Dia cemas sesuatu terjadi atau merasa cemas tanpa alasan. Saat mengalaminya kadang diiringi detak jantung cepat dan keringat berlebihan.

5. Perubahan fisik
Si kecil kehilangan selera makan, sering merasa sakit perut dan kepala pusing. Akhirnya turun berat badannya secara drastis. Ini juga bisa menjadi tanda-tanda dia mengalami gangguan mental.

Bila orangtua menemukan salah satu atau beberapa tanda-tanda di atas pada Ananda, segeralah jadwalkan pertemuan dengan psikolog ataupun psikiater. Gangguan mental bisa hilang dengan pengobatan dan pendampingan yang tepat. Deteksi dini gangguan mental akan sangat membantu mencegah sesuatu yang fatal terjadi.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer