Kapan Harus Cuci Tangan?

Salah satu anjuran utama pemerintah maupun organisasi di tengah pandemic global Covid-19 adalah sering cuci tangan dengan sabun. Sebaiknya memang dengan sabun, karena diyakini bahwa virus corona akan mati ketika bertemu dengan deterjen. Cuci tangan juga pembiasan baik untuk anak-anak. Nah, kapan sebaiknya cuci tangan dilakukan?

1. Sebelum dan sesudah makan
Sebelum dan sesudah makan, pastikan si kecil mencuci tangannya. Saat makan, ada kemungkinan tangan menyentuh makanan ataupun mulut. Sedangkan cuci tangan sesudah makan gunanya untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran lain yang menempel di tangan. Sehingga cuci tangan sebelum dan sesudah makan memang sangat penting.

2. Setelah bermain
Setelah bermain, manfaat cuci tangan adalah membersihkan kotoran yang menempel pada tangan yang habis memegang mainan dan juga perlengkapan bermain lainnya. Bermain kotor-kotoran seperti main tanah atau pasir jangan dilarang, yang penting setelahnya cuci tangan.

3. Seusai bepergian termasuk pulang sekolah
Seusai bepergian, termasuk saat pulang sekolah, sebaiknya langsung cuci tangan. Di luar rumah kita tidak tahu anak sudah memegang apa dan melakukan kontak fisik dengan siapa. Jadi cuci tangan sebagai antisipasi untuk membersihkan kotoran dan mikroorganisme dari luar sana yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

4. Setelah memegang benda kotor
Setelah memegang benda kotor, cuci tangan adalah keharusan. Jangan sampai kotoran menempel di tangan saat digunakan melakukan aktivitas lain terutama makan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!