Kapan Waktu Si Kecil Mulai Bicara?

Berbicara merupakan salah satu tahap perkembangan si kecil yang sangat ditunggu-tunggu oleh ayah dan ibu. Tidak serta-merta terjadi, berbicara merupakan kemampuan yang bisa dicapai bayi secara bertahap. Sebelum ia benar-benar berbicara dengan kata-kata, akan ada waktu-waktu di mana si kecil akan bicara dengan bahasa dan atau nada yang tak jelas. Jadi, kapan waktu si kecil mulai bicara?

Berbicara merupakan suatu kemampuan alamiah yang dimiliki manusia. Meski bergitu, bayi harus mendapatkan rangsangan atau stimuli dari lingkungannya, untuk bisa berlatih dan akhirnya mampu berbicara. Periode emas masa pertumbuhan bayi adalah dua tahun pertama kehidupannya. Karena pada fase inilah bayi mulai belajar berbicara. Ayah, ibu juga kerabat keluarga yang lain harus secara rutin bekerja sama merangsang kemampuaan bicara si kecil. Karena pada dasarnya, kemampuan berbicara bayi bergantung pada lingkungan sekitarnya.

Suara vokal pertama bayi akan muncul di usia 2-3 bulan. Pada usia ini si kecil mulai menggunakan lidah, bibir, langit-langit mulut dan giginya untuk membuat suara tertentu. Bayi juga akan lebih banyak mengeluarkan suara-suara atau mengoceh di usia 4 bulan.

Pada usia 18 bulan hingga 2 tahun si kecil akan mulai mengeluarkan kata-kata meniru yang ia dengar dari lingkungan sekitar. Di usia ini bayi akan mulai mengucapkan 2 sampai 4 kata. Seiring berjalannya waktu, si kecil mampu meningkatkan kosakata untuk menggambarkan apa yang ia lihat, ia dengar, ia rasakan dan apa yang diinginkannya.    

Seperti disebutkan di awal, bayi memerlukan stimuli untuk berlatih berbicara. Caranya pertama, sering-seringlah mengajaknya berbicara atau mengobrol. Rutin mengajak bayi Anda mengobrol menjadi kunci utama untuk mendorong kelancaran bayi bicara. Saat menyusui, menggantikan popok, bermain hingga menidurkannya adalah waktu di mana Anda bisa mengajaknya berbicara. Dengar dan perhatikan respons si kecil saat interaksi Anda.

Ajaklah bayi Anda membaca. Membaca buku atau cerita merupakan sarana tepat untuk menambah perbendaharaan kata di kecil. Meski belum mengerti benar, si kecil akan gembira mendengarkan suara Anda. Seiring bertambahnya usia ia akan menikmati cerita dan gambar yang ada. Perhatikan respons si kecil pada tiap kalimat cerita. Dan jangan lupa memberi apresiasi pada si kecil tiap kali ia mampu mengucapkan kata atau mengatakan keinginannya secara jelas. Apresiasi postif dari orangtua akan berefek baik bagi perkembangan berbahasa si kecil.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!