Kapan Waktu yang Tepat untuk Punya Bayi?

Kapankah waktu yang tepat untuk punya bayi? Pertanyaan sederhana namun jawabannya tak sesederhana itu. Waktu yang tepat untuk punya bayi bagi setiap orang memang berbeda-beda. Tradisi dalam keluarga dan tempat tinggal, keyakinan yang dianut, biasanya ikut mempengaruhi keputusan seseorang untuk menentukan waktu yang tepat memiliki anak. Sedangkan kemajuan teknologi telah membuat sebagian besar perempuan di negara maju menunda mempunyai bayi.

Namun secara biologis sesungguhnya perempuan bisa mempunyai anak setelah mengalami periode menstruasi yang teratur. Itulah saat di mana perempuan dikatakan memasuki usia subur. Usia subur berlangsung hingga usia 40-an tahun. Saat itu tingkat kesuburan mulai menurun drastis hingga 50%. Kemudian di atas usia 45 tahun, tingkat kesuburan turun lagi tinggal sekitar 20%. Pada usia 46 tahun ke atas, kemungkinan mempunyai anak masih ada, namun makin kecil.

Sedangkan periode yang dipercaya sebagai saat paling subur di mana tingkat kesuburan paling ideal dan kemungkinan mempunyai bayi paling tinggi adalah 25-30 tahun. Penelitian juga menyebutkan usia ini periode paling ideal bagi perempuan untuk melahirkan bayi pertamanya, terkait dengan faktor kesehatan dan kebugarannya. Usia di mana perempuan sedang di puncak kebugaran.

Adapun pertimbangan punya anak, tentu bukan sebatas faktor kesehatan. Ada beberapa faktor lain yang layak menjadi pertimbangan, misalnya faktor mental dan finansial. Faktor mental bisa terkait kesiapan membagi waktu dan perhatian antara karir dan anak. Bisa juga terkait kesiapan hadirnya anggota keluarga baru di rumah. Sudah siapkah pula perhatian yang biasanya penuh untuk pasangan dibagi untuk anak?

Sedangkan pertimbangan finansial sangat penting. Kehadiran bayi berbanding lurus dengan kebutuhan anggaran.  Biaya anak apalagi nanti kalau sudah bersekolah tidak kecil. Apakah semua itu sudah disiapkan? Bila memang segala faktor di atas bukan masalah lagi, maka bisa dikatakan Anda dan pasangan telah siap memiliki bayi.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!