Ketika Ayah Jadi Single Parent, Ini yang Harus Dilakukan

Tak ada orangtua apalagi ayah yang secara sengaja ingin menjadi single parent. Menjadi single parent itu tidak mudah, karena harus berperan sebagai ayah dan ibu sekaligus. Namun terkadang keadaanlah yang memaksa seperti itu. Kendati tidak mudah, tetap bisa dijalani dengan baik dong. Apalagi dengan tips-tips berikut ini:

  • Afirmasi positif

Selalu yakin dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda mampu menghadapi semua ini. Yakinkan diri bahwa Anda dan anak-anak akan baik-baik saja walau kini tak ada lagi ibunya anak-anak di samping Anda. Afirmasi positif akan menguatkan mental Anda, memacu semangat dan mendorong semua pekerjaan berjalan lancar sesuai yang Anda yakini.

  • Komunikasi yang baik

Jalin komunikasi yang baik dengan semua pihak, terutama keluarga besar dan anak-anak. Komunikasi yang baik secara tidak langsung akan membentuk support system yang akan memudahkan Anda melaksanakan tugas sebagai ayah sekaligus ibu bagi anak-anak.

  • Delegasikan tugas

Delegasikan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Sementara Anda fokus saja pada anak-anak. Biarkan tugas-tugas yang bersifat teknis dan rutin seperti mencuci piring, membersihkan rumah kepada orang lain yang bisa dipercaya. Ini agar Anda dapat mencurahkan perhatian kepada anak-anak secara maksimal. Usahakan tetap menjemput dan mengantar mereka ke sekolah. Hal kecil yang penting untuk menjalin kedekatan dengan mereka.

  • Berbagi tanggung jawab

Ketika anak-anak sudah agak besar, Anda bisa berbagi tanggung jawab dengan mereka. Misalnya anak yang berusia 6-7 tahun bisa diberi tanggungjawab membereskan mainan mereka sendiri. Anak yang berusia 7-10 tahun bisa diminta bertanggung jawab terhadap kebersihan kamarnya sendiri. Sedangkan anak yang usianya lebih dari 10 tahun bisa diserahi tanggung jawab yang lebih besar, termasuk ikut mengurus adik-adiknya. Walau tidak gampang, menjadi single parent bukan sesuatu yang tak mungkin dilakukan. Yang penting selalu berusaha melakukan yang terbaik. Tetap semangat ya, Ayah!

Suka artikel ini? Ayo bagikan!