Korban Virus Corona Kebanyakan adalah Orang Tua. Simak 8 Cara Pencegahannya

Penyebaran virus corona terbilang sangat cepat. Apalagi sejak dideklarasikan sebagai pandemi pemerintah terus berusaha membuat langkah strategis agar warganya dapat terhindar dari virus yang cukup mematikan ini. Para ilmuwan dan pakar kesehatan pun ikut andil dalam memberikan saran dan masukan perlunya langkah serius yang harus diambil oleh pemerintah untuk melindungi masyarakat terutama anak-anak, orang tua ataupun lansia yang berusia diatas 60 tahun.

Menurut WHO (world health organisation), resiko orang tua lebih mudah terinveksi dan menjadi korban virus corona adalah jika mereka telah memiliki riwayat penyakit seperti jantung, diabetes, kanker, atau bahkan asma. WHO juga menyebutkan alasan mengapa orang tua lebih rentan terinveksi virus corona ini karena kekebalan tubuh mereka lebih rendah sehingga mereka mudah diserang dan menjadi korban virus corona. Kekebalan tubuh lansia atau orang tua yang berusia diatas 60 tahun tentu sangat berbeda dengan kekebalan tubuh orang di usia remaja atuapun dewasa. Itu sebabnya mengapa orang tua perlu extra dilindungi agar tidak menjadi korban virus corona.

Dilansir dari ayobandung.com yang menuliskan hasil dari sebuah penelitian bahwa tingkat kematian korban virus corona hampir 15% terjadi pada orang tua di atas 80 tahun. Sementara 2,3% secara keseluruhan.  Dibanding dengan angka remaja maupun orang dewasa presentasenya sangat rendah sekitar 0,2% – 0,4% saja. Meskipun orang tua lebih rentan menjadi korban virus corona, ada delapan cara untuk mencegah agar korban virus corona tidak semkain melambung tinggi angkanya terutama pada orang tua. Cara-cara tersebut antara lain :

Sering mencuci tangan

Pastikan orang tua kita mencuci tangan dengan bersih dan benar. Meskipun ini terdengar sederhana bahkan semua orang sudah melakukannya tapi apakah orang tua sudah benar mempraktekan langkah-langkah mencuci tangan? Hal inilah yang perlu diedukasi kepada orang tua. Beri tahu kepada orang tua kita bahwa dengan mencuci tangan tak hanya seekdar membersihkan telapak tangan saja. Katakan bahwa mencuci tangan yang benar harus dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer. Dengan begitu kuman dan virus yang ada ditangan dapat lumpuh.

Gunakan masker ketika sakit

Gara-gara pandemi covid19 masker menjadi sangat langka dan banyak orang berbondong-bondong menimbun masker. Alhasil harga masker menjadi meningkat drastis. Padahal masker hanya digunakan bagi mereka yang sakit, sedang merawat orang sakit, dan yang terpenting lagi untuk orang yang terkena batuk dan flu. Disini kita bisa mngedukasi orang tua ataupun lansia untuk menggunakan masker disaat kondisi mereka seperti yang disebeutkan sebelumnya.

Jangan terlalu sering menyentuh bagian hidung, mata, dan mulut

Virus sangat mudah masuk kedalam tubuh manusia jika melalui mata, hidung, dan mulut. Sering-sering untuk mengingatkan orang tua dan lansia agar mereka tidak menyentuh wajah mereka terutama dibagian mata, hidung, dan mulut. Jika ingin menyentuh bagian ini hendaknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Beberapa pakar kesehatan pun juga sudah menginfokan hal ini kepada masyarakat luas agar mereka lebih sadar dan terhindar menjadi korban virus corona.

Makan-makanan bergizi dan istirahat yang cukup

Telah disebutkan di paragraf sebelumnya kondisi tubuh orang tua berbeda dengan kondisi tubuh anak usia remaja. Maka dari itu perlunya asupan gizi dengan makan buah dan sayur serta diimbangi dengan istirahat yang cukup. Dengan rutin melakukan hal ini kondisi tubuh orang yang lebih tua bisa tetap fit.

Hindari kerumunan dan tempat ramai

Banyak orang yang menjadi korban virus corona karena mereka sebelumnya mengunjungi tempat ramai / kerumunan seperti mall, pasar, acara pesta, dan lain sebagianya. Penyebaran virus corona ini sangat cepat jika kita berada di tempat keramaian. Maka dari itu sebisa mungkin katakan pada orang tua untuk tidak mengunjungi tempat-tempat ramai dan melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke lua negeri. Salah satu upaya yang terus digencarkan oleh pemerintah saat inipun melakukan social distancing atau jaga jarak dengan menghindari kerumunan

Jika kurang sehat sebaiknya di rumah

Lansia berpotensi mengalami masalah kesehatan seperti sering capek, letih, lesu, dan hal lainnya yang berhubungan dengan fisik mereka. Jika mereka sudah mengalami gejala-gejala seperti itu nasehatkan untuk tetap tinggal di rumah saja. Jika mereka malah berpergian dengan kondisi badan yang kurang sehat resiko terinveksi virus juga sangat besar. Tidak maukan orang tua atau para lansia ini mejadi korban virus corona akibat keluyuran di luar rumah hanya karena badan yang kurang fit.

Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur di bawah sinar matahari ternyata dapat meningkatkan sistem imun. Sinar matahari merupakan sumber vitamin alami untuk imun. Sinar matahari dapat menangkal penyakit dengan cara memperkuat daya tahan tubuh. Berjemur dibawah sinar matahari selama 10 – 15 menit pada pukul 10.00 untuk mendapatkan paparan sinar ultraviolet-B (UVB) yang bermanfaat bagi tubuh.  

Jangan stress dan hindari berspekulasi

Orang tua sering sekali mengalami stress karena terlalu banyak berpikir dan berspekulasi. Hal tersebut wajar sebenarnya. Akan tetapi baiknya kita sebagai yang muda bisa menuntun mereka untuk terus memberikan semangat dan membagikan hal-hal positif agar mereka tidak mudah stress dan memikirkan hal-hal yang aneh. Apalagi jika kondisi saat ini yang membatasi untuk berpergian ke luar rumah. Stress mungkin saja terjadi.  Tanamkan pada pada orang tua bahwa pandemi covid19 ini akan segera berakhir.

Sebenarnya kita tak perlu takut berlebihan dalam menghadapi pandemi Covid19 ini. Waspada boleh tapi jangan terlalu panik. Pasalnya, secara global tingkat kesembuhan orang yang telah menjadi korban virus corona sekitar 47%. Angka ini jauh lebih besar dibanding tingkat kematian yang hanya 3,7%. Kita harus bisa memberikan sugesti dan menyebarkan hal-hal positif pada orang tua bahwa Covid19 bisa kita cegah bersama. Yang terpenting saat ini adalah kita perlu memperhatikan kembali anggota keluarga yang lebih tua dan lebih memperhatikan kebiasaan rutin mereka seperti konsumsi makanannya, tidur tepat waktu, dan kebiasaan berolahraga setiap hari.

Hal-hal semacam ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dan membantu mereka untuk tetap aman dan sehat. Kita semua berharap angka korban virus corona dapat menurun jumlahnya dan tak menjadi momok bagi kita semua khususnya mereka yang sudah tua. Mari kita bersama lawan Covid19 karena #covid19bisasembuh.

Korban Virus Corona
Infografis tentang Virus Corona (Covid-19)
Suka artikel ini? Ayo bagikan!