Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Lebih Dekat dengan Anak Melalui Reading Aloud

Hai Moms, bagaimana aktivitas menemani anak di rumah selama pandemi ini? Apakah melelahkan? Atau banyak aktivitas menyenangkan?

Sebagian Mom mungkin merasa jenuh melakukan aktivitas yang itu- itu saja. Mengajari anak berhitung, menemani anak menggambar, melatih anak membaca dan lain sebagainya.  Tapi, bagaimana jika sekarang Mom mulai mencoba reading aloud bersama anak? Pasti menyenangkan lho.

Reading aloud adalah kegiatan membacakan buku dengan cara disuarakan. Meski terbilang sederhana dan mudah dilakukan, ternyata reading aloud atau membaca nyaring ini banyak manfaatnya. Pertama, reading aloud membantu menstimulasi imajinasi anak. Dengan bantuan ilustrasi gambar pada buku, anak akan belajar mengenal tokoh dan memahami alur cerita.

Kedua, ketika Mom membacakan cerita, perbendaharaan kata anak juga akan bertambah. Anak akan menemukan istilah- istilah baru yang belum diketahui sebelumnya.

Ketiga, meningkatkan bonding / kedekatan antara orang tua dan anak. Membacakan buku tidak membutuhkan durasi yang lama, mungkin hanya 15-20 menit saja. Namun, manfaatkan waktu ini untuk lebih mengenal anak. Sembari membacakan buku, sebagai orang tua kita bisa mengamati kesukaan anak- anak kita, melihat ekspresi wajah mereka yang antusias, juga mengajak anak berdiskusi di akhir cerita.

Reading aloud bukan hanya cocok untuk anak yang sudah bisa membaca saja. Bahkan, membacakan buku bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Berdasarkan penelitian  Professor Minna Huotilainen dari University of Helsinki yang berjudul Prenatal Music Exposure Induces Long-Term Neural Effects ( 2013), ternyata otak janin mampu beradaptasi dengan suara dan bahasa yang ia dengar sejak dalam rahim. Baik dari nyanyian atau ketika diajak berbicara oleh orang tuanya. Sehingga, jika Mom suka membacakan buku untuk anak,  hal ini memberi dampak positif untuk perkembangan otak janin di kandungan.

Bagi Mom yang tertarik melakukan reading aloud, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih buku yang tepat.

1. Pilih buku cerita bergambar

Ilustrasi gambar akan membantu anak memahami jalan cerita. Selain itu, otak anak juga akan lebih responsif menangkap stimulasi visual untuk melengkapi informasi verbal yang disampaikan lewat kata- kata.

2. Pilih cerita fiksi maupun non fiksi dengan tokoh yang kuat

Ketika memilih buku sesuaikan dengan usia anak. Balita lebih cocok dengan cerita fiksi. Sedangkan anak diatas 5 tahun, bisa memilih cerita fiksi maupun non fiksi. Kenalkan tokoh utama cerita di awal membacakan buku, sehingga anak bisa fokus dengan tokoh tersebut sampai cerita usai dibacakan.

3. Pilih buku dengan teks berukuran besar

Sambil mendengarkan cerita dan melihat gambar, anak juga bisa mengenal huruf- huruf. Bagi anak yang sedang belajar membaca, libatkan juga untuk ikut membaca huruf demi huruf.

Bagaimana Mom, sudah siap reading aloud bersama anak di rumah? Selamat bersenang- senang ya.

Penulis :
Sara Neyrhiza
Pengajar Komunikasi
Bunda Baca Kota Solo 2019
www.neyrhiza.com

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer