Lindungi Anak Saat Pandemi dengan Cara Ini

Saat pandemi, setiap orang wajib melindungi diri dan keluarganya agar tidak tertular penyakit. Demikian halnya saat pandemi seperti Covid-19 ini. Apalagi penyakit ini memungkinkan orang tidak menunjukkan gejala, padahal sesungguhnya sudah sakit. Sehingga walaupun dirinya sendiri tidak sakit, namun dia bisa menularkan penyakit itu kepada kelompok rentan.

Sedangkan tidak setiap orang tahu apakah dirinya sudah sakit atau belum tanpa melakukan tes laboratorium. Untuk itu, yang harus dilakukan adalah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisasi penularan. Anjuran pemerintah untuk diam di rumah, pakai masker, physical distancing, rajin cuci tangan dengan sabun, sudah tepat. Namun untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap anak-anak, perlu ditambahkan hal-hal berikut ini:

  • Pola hidup sehat

Laksanakan pola hidup sehat. Pastikan Ananda mendapat asupan makanan bergizi seimbang, cukup istirahat dan selalu jaga kebersihan lingkungan.

  • Perbanyak buah dan sayur

Buah dan sayuran adalah sumber vitamin. Vitamin bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Perbanyak jumlahnya di meja makan dan ganti setiap hari variannya agar si kecil tidak bosan.

  • Olahraga dan berjemur

Walaupun menghabiskan waktu di rumah, pastikan ananda berolahraga dan berjemur di pagi hari agar tubuh menjadi bugar dan menerima asupan vitamin D. Waktu paling baik untuk berjemur adalah sebelum pukul 10.00 dengan durasi 15 menit.

  • Sediakan suplemen

Bila perlu sediakan suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Suplemen alami seperti madu juga bagus dikonsumsi anak-anak secara rutin.

  • Fasilitasi kegiatannya

Karena  menghabiskan waktu di rumah, orangtua mesti memfasilitasi agar anak-anak tetap mempunyai kegiatan positif dan menyenangkan. Sediakan alat bermain atau berkegiatan lainnya agar dia tetap merasa asyik dan betah di rumah. Bantu tugasnya dari sekolah dan jalin komunikasi yang baik agar mood anak tetap terjaga dan mendorong kesehatan psikologisnya.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!
Daftarkan email Anda dan dapatkan info terupdate dari kami