Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak

Di era gadget ini, sejumlah anak-anak menjadi sibuk bermain dengan gadget. Mereka pilih main game atau mengutak-atik gadget di rumah daripada bermain bola atau petak umpet di luar rumah. Waktu anak bermain di luar ruangan jadi sangat berkurang. Padahal bermain di luar ruangan ini penuh manfaat.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat  anak-anak bermain di luar ruangan:

  1. Mendukung kesehatan fisik
    Bermain di luar ruangan, artinya anak akan mendapat sinar matahari. Vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari sangat berguna bagi kesehatan tulang anak-anak. Selain itu sinar matahari dalam porsi yang benar bermanfaat bagi kesehatan kulit. Aktif bermain dengan kawan, akan mendorong perkembangan otot dan tulang, sekaligus juga mengurangi risiko obesitas.

  2. Memperbaiki suasana hati
    Bertemu teman-teman, saling bertukar cerita sambil beraktivitas fisik, membantu memperbaiki suasana hati yang sedang gundah. Rasa bete akan terobati dan teralihkan oleh permainan yang mengasyikkan bersama kawan-kawan.

  3. Mengurangi risiko mata minus
    Saat anak sibuk dengan gadget, mata akan berakomodasi maksimal. Ini tidak baik untuk kesehatan mata. Terkait hal ini, sebuah penelitian mengungkap, anak yang terus-menerus berada di dalam ruangan, memiliki risiko 2% lebih besar terkena masalah mata minus dibanding mereka yang aktif di luar ruangan.

  4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
    Bermain di luar ruangan itu, mengasah keberanian untuk bergaul dengan orang lain. Pendeknya, akan membuat anak belajar bersosialisasi. Mereka belajar empati dan menghargai satu sama lain. Masih banyak keuntungan lainnya. Saat main bola, misalnya, mereka akan saling belajar bekerja sama dan melaksanakan peran masing-masing sebaik-baiknya.

Yuk… dorong anak bermain di luar ruangan agar mendapatkan berbagai manfaat di atas.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!