Masakan Tradisional yang Cocok untuk Si Kecil

Indonesia merupakan negara yang kaya akan citarasa kuliner, yang mewujud dalam aneka menu masakan tradisional yang menggugah selera. Orang dewasa mungkin sudah sangat familiar dengan rendang, gudeg, arsik ikan mas, pecel, hingga aneka jenis soto dengan kekhasan masing-masing. Nah, bagaimana dengan anak-anak? Memperkenalkan menu masakan tradisional untuk si kecil tentu bisa dimulai dari menu yang tidak terlalu kuat rasa rempahnya. Berikut ini ulasannya.

  • Pecel

Pecel merupakan salah satu menu khas dari Jawa. Mulai dari Yogyakarta, Jawa Tengah hingga Jawa Timur memiliki versi pecelnya masing-masing. Variasi ini terletak pada jenis sayuran yang digunakan, dan bagaimana mengolah bumbu kacang sebagai saus. Umumnya, pecel dikonsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan. Untuk si kecil, Anda bisa memberinya pecel dengan bumbu yang nonpedas. Sayurannya pun bisa Anda pilihkan yang tidak terlalu asing di lidah, misalnya bayem, tauge, irisan wortel, juga mentimun.

  • Sayur Lodeh

Seperti halnya pecel, sayur lodeh juga ada beragam versi. Namun, pada dasarnya menu ini memiliki citarasa gurih karena berkuah santan. Sayur yang terbuat dari bahan-bahan seperti nangka muda, daun melinjo, kacang panjang, juga mungkin terong dan labu siam. Gurihnya bumu bawang dan brambang juga kemiri membuat sayur lodeh cocok dinikmati pada jam makan siang, ditemani tempe goreng, atau lauk yang lain. Jika Anda berniat memasak lodeh untuk si kecil, gunakanlah santan yang tidak terlalu pekat, dan bumbu yang tidak terlalu banyak, agar lidah si kecil tidak kaget saat mencicipinya.

  • Gudeg nangka

Jika Anda melakukan perjalanan ke Yogyakarta, belum lengkap rasanya jika belum menyicipi gudeg. Sayur yang dibuat dari buah nangka muda dengan teknik memasak tertentu ini, membuat gudeg bisa dinikmati kapan saja, entah pagi, siang bahkan malam hari. Gudeg biasanya juga ditemani menu pelengkap seperti sambel goreng kulit sapi/cecek, tahu bacem, juga telur pindang atau ayam ungkep. Citarasa menu ini manis di lidah. Untuk si kecil, Anda bisa memberikan gudek dengan sayur cecek yang tanpa cabai.

  • Pepes ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan memiliki mengandung protein tingggi, vitamin, dan mineral yang baik ntuk pertumbuhan si kecil. Selain itu, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Untuk si kecil, Anda bisa memasak pepes ikan, dengan bumbu yang minimalis. Tapi jangan lupa untuk menghilangkan duri-duri halus ikan sebelum menghidangkannya.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!