Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Melahirkan di Rumah? Bisa Asalkan Memenuhi Persyaratan Ini

Zaman dulu, melahirkan di rumah adaah sesuatu yang lazim dilakukan. Itu tidak lazim lagi bagi masyarakat modern di era kekinian. Kini masyarakat cenderung memilih rumah bersalin atau rumah sakit untuk melaksanakan persalinan. Namun demikian ibu hamil tetap bisa kok memilih melahirkan di rumah sendiri. Namun sebaiknya semua persiapan dilakukan dengan baik.

Apa saja persiapan yang sebaiknya dipenuhi bila ibu hamil ingin melaksanakan persalinan di rumah sendiri? Mari kita simak bersama:

  • Memiliki riwayat kesehatan yang baik. Silakan memutuskan untuk melahirkan di rumah sendiri. Namun pastikan riwayat kehamilan baik dan tak memiliki faktor risiko medis. Ibu hamil yang melahirkan di rumah sebaiknya tak pernah memiliki riwayat operasi caesar, melahirkan prematur ataupun postmatur. Selain itu posisi bayi juga normal bukan sungsang, bukan kehamilan kembar dan tak pernah mengalami komplikasi kehamilan/preeklampsia. Bila pernah memiliki satu faktor risiko tersebut, disarankan untuk melahirkan di rumah sakit.
  • Bukan kali pertama melahirkan. Sebaiknya jangan ambil risiko dengan melahirkan di rumah saat kehamilan anak pertama. Risiko melahirkan anak pertama itu lebih besar dibanding anak kedua atau selanjutnya. Namun untuk kehamilan kedua dan berikutnya, melahirkan di rumah dengan perencanaan yang baik relaif lebih aman.
  • Dibantu Bidan yang bersertifikasi. Kendati melahirkan di rumah, paling tidak harus tetap ditangani oleh bidan yang bersertifikasi. Lebih baik lagi kalau sang bidan sudah punya banyak pengalaman menangani persalinan yang dilakukan di rumah. Pastikan juga bidan terhubung dengan dokter dan rumah sakit untuk mengantisipasi kondisi darurat.
  • Persiapan sarana yang memadai. Konsultasikan dengan dokter dan bidan tentang apa yang mesti disiapkan bila mau melahirkan di rumah. Persiapan disesuaikan dengan metode persalinan yang dipilih. Apakah konvensional, melahirkan di air atau yang lainnya. Pastikan juga bidan membawa peralatan untuk melakukan tindakan darurat misalnya oksigen, infus dan lain-lain.
  • Tersedianya akses ke rumah sakit. Untuk mengantisipasi kondisi darurat saat persalinan baik yang menyangkut ibu dan juga bayi yang dilahirkan, sebaiknya disiapkan transportasi yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk ke rumah sakit. Jadi misal terjadi perdarahan yang tidak normal pada ibu atau bayi menunjukkan tanda-tanda kondisi gawat, bisa segera dilarikan ke rumah sakit.

Untuk diketahui, rumah sakit tetaplah merupakan tempat yang paling ideal untuk melahirkan. Karena selain adanya dokter dan perawat yang siap sedia sewaktu-waktu, juga tersedia fasilitas yang menjamin proses persalinan berlangsung lebih aman.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer