Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak

Begitu pentingnya memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air atau biasa disebut dengan nasionalisme. Sehingga orangtua sebaiknya menanamkan nasionalisme itu kepada anak-anak sejak kecil. Menanamkan rasa cinta Tanah Air, tak melulu harus dilakukan pada bulan Agustus, lho. Setiap saat bisa kok. Bagaimana caranya? Simak tips dan penjelasannya berikut ini:

  • Pengenalan sejarah

Jasmerah, kata Bung Karno. Kependekan dari “jangan lupakan sejarah”. Menanamkan nasionalisme bisa dimulai dengan mengenalkan anak pada sejarah bangsa. Ceritakan tentang pahlawan-pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan sehingga negara bisa tegak berdiri.

  • Pengenalan Kekayaan SDA

Mengenalkan anak pada kekayaan sumber daya alam (SDA) juga merupakan salah satu cara menanamkan nasionalisme. Kenalkan anak pada negeri kampung halamannya yang indah permai dengan mengunjungi berbagai tempat dengan kekayaan alam khas masing-masing daerah. Dengan demikian anak bisa merasakan betapa kaya negerinya.

  • Pengenalan ragam budaya

Kenalkan anak pada aneka ragam budaya, melalui buku-buku, atau berkunjung langsung ke tempat-tempat di berbagai pelosok Tanah Air yang memiliki budaya berbeda, adat berbeda, pakaian berbeda, kepercayaan berbeda dan makanan khas yang berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Katakan bahwa walaupun berbeda namun semua bersaudara, saudara sebangsa.

  • Upacara bendera

Upacara bendera juga menjadi salah satu cara menanamkan nasionalisme. Dalam upacara ada penghormatan terhadap bendera, ada juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

  • Pemutaran film

Film adalah media visual yang sangat efektif untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air bagi anak-anak. Film dokumenter tentang sejarah bangsa ataupun film cerita yang mengandung inspirasi kebangsaan akan membuat anak-anak tersentuh dan lebih mencintai Tanah Air-nya.

  • Lagu-lagu

Lagu juga media yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai bagi anak-anak. Tak terkecuali nilai kebangsaan/nasionalisme. Ajari anak-anak menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu-lagu perjuangan yang enak dinyanyikan. Kenalkan mereka pada musik sehingga lebih menjiwai ketika menyanyikan lagu-lagu itu.

Tunggu apa lagi? Yuk tanamkan nasionalisme pada anak-anak kita, sekarang juga.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!