Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Menanamkan Sikap Toleran Sejak Dini

Bergaul dengan orang lain yang memiliki kesamaan dengan diri kita itu mudah. Namun bergaul dengan orang yang berbeda ras, suku, agama tidaklah mudah. Dibutuhkan sikap toleran agar pergaulan tetap harmonis. Apalagi hidup di Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa, sikap toleran mutlak harus dimiliki setiap orang.

Sikap toleran harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Bagaimana sih caranya? Nah mari simak tips-tips berikut ini:

  • Memperluas cakrawala pengetahuan anak. Ceritakan kepada anak tentang dunia yang sangat luas. Begitu banyak orang hidup di berbagai belahan dunia, mereka berbeda antara satu dengan lainnya. Kisahkan dongeng-dongeng dan kisah inspiratif kepada anak yang berasal dari berbagai tempat. Selipkan nilai bahwa orang harus saling menghargai dalam perbedaan. Kalau anak sudah bisa membaca, belikan mereka buku-buku untuk dibaca agar memperluas cakrawala pengetahuannya.
  • Menanamkan empati. Ajak anak melihat dari sudut pandang orang lain. Ketika bertemu orang dengan kondisi tertentu di jalan, ajak anak membayangkan bila dia ada di posisi itu. Misal anak melakukan sesuatu hal yang berpotensi menyakiti orang lain, coba katakan bagaimana perasaannya kalau dirinya yang diperlakukan demikian.
  • Masuk ke lingkungan yang plural. Ini bisa dilakukan dengan sengaja memasukkan anak ke sekolah yang plural. Atau sekedar kelas menari, sepakbola, les bahasa dan lain sebagainya namun dengan audiens yang plural/heterogen. Dengan demikian anak akan belajar langsung bergaul dan menyikapi perbedaan.
  • Asah kepercayaan diri. Ahli mengatakan, seorang anak yang merasa aman dengan diri sendiri, lebih nyaman untuk mengeksplorasi dan menerima perbedaan. Mengasah dan membangun kepercayaan diri anak bisa dilakukan dengan mendorongnya melakukan aktivitas yang disukai dan sesuai potensinya. Kelebihan yang dimiliki akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Katakan pada anak, apapun yang terjadi Anda akan mendukung dan di belakangnya. Ini akan membuat dia merasa aman, nyaman dan lebih percaya diri.
  • Melakukan perjalanan. Lakukan perjalanan bersama anak ke tempat-tempat yang tak harus jauh, namun lingkungan yang berbeda dengan yang biasa dihadapi. Ini akan membiasakan anak menghadapi perbedaan. Kalau memang ada anggaran, tak ada salahnya melakukannya secara rutin setiap liburan.
  • Orangua menjadi teladan. Terakhir, orangtua harus menjadi teladan sikap toleran. Tunjukkan cara bersikap benar kepada yang berbeda di depan anak. Anak akan mencontoh apa yang dilakukan para orangtuanya. (NS)
Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Momentum Kecil Ini Bisa Bikin Anak Bahagia

    Orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya bahagia? Pada umumnya, baik ayah maupun ibu, pasti ingin senantiasa bisa membuat buah hati tercinta merasa bahagia. Ya, kebahagiaan bahkan menjadi salah satu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Tetap Ceria Meski Tak Mudik Lebaran, Ini Caranya!

    Sama halnya dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Ide Hadiah untuk Anak yang Tuntas Puasa Ramadhan

    Saat melatih anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan, terkadang ada orangtua yang menjanjikan akan memberikan hadiah jika si anak bisa menjalani puasanya sampai tuntas. Cara ini biasanya dilakukan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    Tips agar Anak Ikut Menjaga Lingkungan Sehat

    22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Melalui momentum tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup, termasuk anak-...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 30, 2021
  • Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Merawat Rambut Keriting Anak agar Tetap Sehat

    Anak yang punya rambut keriting itu terlihat unik ya, Ayah-ibu? Tak jarang ia membuat orang yang melihatnya jadi gemas karena penampilan rambutnya tersebut.  Ada beberapa tipe rambut keriting, di...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 26, 2021

Artikel Populer