Mendidik Anak untuk Memiliki Sopan Santun di Ruang Publik

Sopan santun di tempat umum adalah unsur penting yang wajib dimiliki oleh siapapun. Sopan santun di tempat umum merupakan indikator seseorang mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi. Sopan santun di tempat umum juga akan menentukan apakah seseorang menjadi individu yang baik dan mampu berinteraksi dengan orang lain dengan menjunjung norma-norma yang berlaku. Sehingga dia diterima di dalam hidup bermasyarakat.

Oleh karena itu orangtua harus mengajarkan sejak dini, agar anak memiliki sopan santun tersebut. Mengajarkan anak sopan santun, tidak sulit kok. Begini caranya:

  • Beri pemahaman dan wawasan kepada anak, mengapa orang harus menjaga sopan santun. Apa yang akan terjadi bila orang saling menjaga sopan santun. Apa yang akan terjadi bila orang tidak sopan di tempat umum.
  • Biasakan anak anak berkata sopan. Biasakan anak mengucapkan kata “tolong” ketika menyuruh, “terima kasih” ketika ditolong dan “maaf” ketika melakukan kesalahan baik kecil maupun besar. Praktik menggunakan kata-kata yang baik dan sopan harus menjadi konsumsi sehari-hari di rumah. Maka secara otomatis anak akan melakukannya juga di luar rumah dan di manapun dia berada.
  • Beri keteladanan. Khususnya dalam hal sopan santun, orangtua jangan memberikan contoh buruk. Sebaliknya, jadilah teladan bagi anak. Ketika di tempat umum, jaga selalu sopan santun. Berkata baik, antre dengan tertib, membukakan pintu buat orang lain, tidak meletakkan bayi/anak Balita di atas meja restoran, termasuk di dalamnya.
  • Hargai usahanya. Ketika Anda melihat si kecil berusaha berbuat sopan dengan menerapkan apa yang Anda ajarkan, beri dia apresiasi. Misal ketika melihat dia peluk dan katakan, “Ibu bangga sama Adik.”

Mendidikan anak untuk memiliki sopan santun di muka umum, butuh ketelatenan dan kesabaran. Milikilah ketelatenan dan kesabaran itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!