Mengatasi Anak Takut Gelap

Setiap mati lampu, anak selalu ketakutan, bahkan menangis? Saat akan tidur pun selalu minta lampu kamarnya dinyalakan karena ia takut gelap? 

Ayah-Ibu, meskipun rasa takut gelap normal terjadi pada anak-anak, sebaiknya jangan biarkan hal itu berlarut-larut. Lalu bagaimana ya supaya anak tidak lagi takut gelap? Nah, untuk mengatasi anak yang takut gelap, coba Ayah-Ibu lakukan tips berikut ini yuk:  

  • Tanyakan penyebab anak takut gelap
    Beri anak kesempatan untuk mengungkapkan rasa takutnya dan tanyakan padanya apa penyebabnya. Cobalah menjelaskan pada anak bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan saat gelap. Pastikan kondisi kamar aman dan yakinkan bahwa ia akan baik-baik saja saat tidur meskipun lampu kamar tidak menyala. 
  • Gunakan lampu tidur/temaram
    Mungkin anak merasa takut ketika lampu kamar dimatikan dan ruangan menjadi gelap sehingga ia tidak bisa melihat apa-apa. Ada baiknya saat akan tidur, kamar tetap diberi cahaya yang lebih temaram dengan menyalakan lampu tidur. Setelah keberanian anak muncul, secara bertahap, Anda bisa tidak lagi menyalakan lampu tidur di kamarnya. 
  • Perdengarkan musik
    Cobalah atasi rasa takut gelap pada anak dengan memperdengarkan lagu atau musik untuk mengiringi saat tidurnya. Pilihlah jenis lagu atau musik yang lembut atau bisa juga jenis kesukaannya. Pastikan volumenya juga tidak terlalu kencang supaya tidak mengganggu penghuni rumah yang lain atau bahkan sampai terdengar ke rumah tetangga, ya! 
  • Mendongeng sebelum tidur
    Anda bisa menemani anak sebelum tidur sambil bercerita atau mendongeng kisah-kisah yang menyenangkan, lucu, atau peristiwa-peristiwa menarik yang disukai anak-anak. Hal ini untuk mengalihkan rasa takutnya akan gelap. 
  • Beri pujian
    Jika anak sudah mulai berani dan bisa mengatasi ketakutannya akan gelap, jangan lupa berikan pujian kepadanya. Bila perlu berikan hadiah untuknya meskipun itu sederhana, misalnya memberi makanan kesukaannya. 
Suka artikel ini? Ayo bagikan!