Mindful Parenting, Pola Asuh Anak yang Kekinian

Anak sekarang beda dengan anak zaman dahulu. Untuk mendidik anak-anak zaman now, dibutuhkan pola asuh kekinian sesuai perkembangan zaman.

Dalam seminar HUT ke-11, psikolog Klinik Anak Cerdas Ceria Solo, Rina Jayanti M.Psi memperkenalkan Mindful Parenting.  Mindful Parenting adalah pola asuh anak berkesadaran. Dalam konsep pola asuh ini orangtua diajak untuk mendidik anak dari dalam diri. Orangtua tidak menuntut kesempurnaan pada diri anak.

Sebagai implementasi Mindful Parenting, orangtua menerapkan cara-cara berikut ini dalam pola asuh terhadap anak :

  • Tidak menghakimi
    Orangtua harus berusaha untuk tidak memberikan label kepada anak. Jangan pernah memberi anak label bodoh, nakal ataupun label-label yang negatif lainnya. Tak hanya kepada anak, orangtua juga jangan menghakimi diri sendiri. Orangtua yang baik tidak menuntut kesempurnaan pada anak. Jangan hanya melihat kekurangan, lihat juga kelebihan/sisi baik si anak. Sadari bahwa semua manusia punya kekurangan dan kelebihan.
  • Mendengarkan penuh perhatian dan berbicara penuh empati Ketika berbicara dengan anak, orangtua harus  betul-betul menghadirkan jiwa dan raga. Ketika anak mengajak bicara, tinggalkan gadget dan semua kegiatan. Orangtua harus konsentrasi dan sadar penuh ketika berbicara dan berhadapan dengan anak. Dengan demikian  orangtua bisa memperhatikan raut wajahnya, intonasi suara, mimik muka si buah hati, sehingga tahu apa yang terjadi pada anak.
  • Pengendalian Diri
    Sadari kalau sesuatu masalah terjadi, tidak ada gunanya menyelesaikan dengan emosi. Caranya adalah fokus pada yang baik yang terjadi dalam hidup dan selalu bersyukur. Untuk membantu pikiran agar rileks bisa dengan cara mendengarkan musik, melakukan relaksasi pernapasan dan latihan (olahraga).
  • Adil dan bijaksana
    Bersikaplah adil kepada anak. Selalu berikan apa yang dibutuhkan anak, bukan yang diinginkannya. Lebih dari itu, didik anak untuk mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.
  • Welas asih
    Orangtua harus mengajarkan anak untuk selalu bersikap welas asih. Welas asih di sini adalah welas asih kepada siapapun, termasuk diri sendiri. Ajarkan anak untuk menghargai diri sendiri dan orang lain.

Mindful parenting, bisa diterapkan oleh setiap orangtua. Pola asuh ini memang membutuhkan kebesaran hati dan waktu orangtua. Namun hasilnya adalah anak yang bahagia, optimal perkembangan fisik dan terutama mentalnya. Sosok anak yang tangguh dan siap terjun di masyarakat era millenial.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!