Orang Tua Sekolah Lagi? Ini yang Harus Dilakukan

Melanjutkan studi strata dua (S2) atau bahkan strata tiga (S3) mungkin jadi impian ataupun tuntutan bagi sebagian orang setelah menikah dan mempunyai anak. Tidak gampang menyelesaikan kuliah sambil mengurus rumah tangga dan buah hati. Apalagi masih ditambah beban pekerjaan.

Ayah-Ibu, memang tidak ada salahnya jika Anda sama-sama memiliki impian untuk bisa mengenyam jenjang pendidikan setinggi-tingginya. Yang menjadi tantangan, khususnya bagi seorang ibu sudah memiliki anak sekaligus harus bekerja di luar rumah, adalah harus bisa membagi waktu dengan baik antara bekerja, kuliah dan untuk keluarga, terutama anak-anak.

Namun jika hal ini sudah menjadi tekad ayah atau ibu untuk mewujudkannya, berikut beberapa hal yang harus dilakukan: 

1. Jaga komunikasi

Diskusikan segala sesuatu terkait rencana studi Anda dengan pasangan. Buatlah pembagian tugas, jadwal, dan atur waktu dengan baik, khususnya jika anak-anak masih membutuhkan perhatian dan pendampingan. Jika Ayah maupun Ibu terpaksa harus sama-sama meninggalkan anak-anak di rumah, pilih pengasuh atau orang yang bisa dipercaya menjaga anak-anak. Penting juga untuk berkomunikasi dan memberikan pengertian kepada anak-anak tentang kondisi orangtuanya yang akan melanjutkan sekolah. Komunikasikan hal ini juga kepada anggota keluarga yang lain untuk mendapatkan dukungan. 

2. Lakukan persiapan

Perhitungkan biaya kuliah dan persiapkan keuangan Anda dengan baik, termasuk untuk biaya lain seperti membeli buku-buku serta perlengkapan lainnya, mulai dari awal hingga selesai kuliah. Buat target kelulusan.Target kelulusan akan memberikan motivasi tersendiri kepada Anda dalam menjalani masa studi agar bisa menyelesaikan waktu.

3. Pilihlah tempat kuliah yang tepat

Anda perlu mempertimbangkan secara matang jika ternyata sekolah atau tempat kuliah yang Anda pilih berada di luar kota. Hal itu memang tidak ada salahnya, terlebih jika program studi yang diminati hanya ada di kampus tersebut. Kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri selain akan memakan lebih banyak biaya juga akan banyak menyita waktu Anda bersama keluarga. Pertimbangkan sejumlah universitas menawarkan program kelas karyawan dengan jam belajar yang dimulai sore hingga malam hari atau akhir pekan. Ada pula kampus yang menawarkan program kelas daring (online).

4. Tetap luangkan waktu untuk keluarga

Menikmati waktu bersama keluarga tetap penting untuk menjaga keharmonisan keluarga. Sehingga di tengah kesibukan bekerja maupun kuliah, luangkanlah waktu khusus bersama anak-anak dan keluarga tercinta. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!