Panduan Memberi Hukuman untuk Anak

Apa yang bisa orangtua lakukan saat anak berbuat kesalahan? Bolehkah menerapkan hukuman pada anak, apalagi anak Balita? Berbagai referensi sebenarnya menyarankan anak untuk tidak mendapatkan hukuman, apapun kesalahannya. Namun bila orangtua memang menerapkan konsep reward and punishment, menghukum anak tentu tidak salah. Namun usahakan hukumannya adalah hukuman yang mendidik.

Berikut ini adalah panduan menghukum anak agar sasaran yang didapat tepat. Anak menjadi lebih baik dan bukan malah sebaliknya:

  • Jangan memberi hukuman saat emosi

Ingat ya Bu… Ibu dan Ayah jangan memutuskan hukuman untuk anak dalam keadaan masih emosi akibat kesalahan yang dibuat anak. Memberikan hukuman di saat emosi biasanya jauh pertimbangan akal sehat.

  • Dengarkan penjelasan anak

Ketika Ibu atau Ayah menerima laporan bahwa anak nakal atau melakukan kesalahan, jangan langsung emosi apalagi memberi hukuman. Sebaliknya, ajak anak berkomunikasi. Dengarkan penjelasan versi anak. Baru putuskan apakah dia layak mendapat hukuman atau tidak.

  • Tetap proporsional

Berikan hukuman yang sesuai dengan kondisi anak. Jangan berikan hukuman yang terlalu berat, apalagi kalau kesalahannya kecil.  Ingat, mereka masih anak-anak.

  • Hukuman produktif

Hukuman bisa produktif juga lho. Misal anak diberi hukuman bertugas membantu ibu selama beberapa hari, atau bisa juga hukuman berupa merapikan kamarnya sendiri dan kamar adik-adiknya.

  • Jangan mempermalukan

Saat memberi hukuman yang bersifat mempermalukannya di hadapan siapapun. Itu justru akan menjadikannya trauma, bukan memperbaiki kesalahannya.

  • Lakukan dengan cinta

Saat memberi hukuman, tetap lakukan dengan cinta. Biarkan anak mengetahui kesalahannya, lalu peluk dia dan jelaskan mengapa dia perlu mendapat hukuman itu.

  • Berikan penghargaan

Selain hukuman, jangan lupa berikan penghargaan atas prestasi-prestasinya. Bisa juga memberikan penghargaan karena dia sportif/mampu mengakui kesalahan, mau menjalani hukuman dengan baik.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!