Panduan Wisata Keluarga di Era New Normal

Wabah virus corona yang melanda memang memaksa orang-orang untuk lebih banyak beraktivitas di rumah saja. Kondisi seperti ini bisa berakibat banyak orang dilanda kebosanan karena beberapa waktu lamanya tidak bisa melakukan banyak kegiatan yang disukai di luar rumah. 

Namun era new normal atau pola hidup baru yang diberlakukan di tengah pandemi kini telah memungkinkan orang untuk kembali beraktivitas normal. Bahkan orang-orang bisa berwisata sekadar untuk melepas kejenuhan dan menyegarkan kembali pikiran. Beberapa kawasan wisata kini juga telah dibuka untuk pengunjung.

Tapi ingat, meskipun sudah bisa bepergian ke tempat-tempat wisata kita harus tetap waspada akan kemungkinan penularan virus corona. Berikut beberapa panduan saat berwisata bersama keluarga di tengah pandemi ini: 

  • Tujuan wisata bukan daerah pandemi

Tetapkan tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, namun sebaiknya pilih yang tidak berlokasi di daerah pandemi. Carilah informasi tempat-tempat wisata via daring (dalam jaringan), termasuk pemesanan tiket masuk atau pemesanan kamar hotel (jika ingin menginap), dan sebagainya. Sebaiknya pilih sistem pembayaran yang nontunai.

  • Pastikan dalam kondisi sehat

Anda harus memastikan kondisi fisik Anda maupun keluarga dalam keadaan sehat, terutama saat akan melakukan perjalanan wisata Anda. Lebih baik tunda rencana tersebut ketika merasa dalam kondisi yang tidak fit atau sakit. 

  • Bawa bekal dan peralatan pribadi

Siapkan dan bawalah bekal serta peralatan pribadi dari rumah seperti masker, makanan atau minuman, obat-obatan, handsanitizer, disinfektan, alat makan, alat mandi dan sebagainya. Ini untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain.

  • Terapkan protokol kesehatan.

Menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan adalah wajib demi menghindari terjadinya penularan virus penyakit. Pakailah masker atau face shield, rutin mencuci tangan dengan benar memakai sabun, semprotkan disinfektan sebelum menggunakan fasilitas di tempat umum, dan sebagainya. 

  • Hindari wisata bersifat kerumunan

Meskipun sedang menikmati serunya liburan dan berwisata, usahakan tetap saling menjaga jarak. Ketika tiba di tempat wisata tujuan, lebih baik hindari kawasan ada kerumunan atau yang terlalu padat orang.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!