Percepat Pemulihan Pascamelahirkan dengan Cara Ini

Semua ibu yang habis melahirkan tentu ingin segera pulih, agar bisa merawat bayinya lebih optimal. Namun sayang tidak semua ibu bisa mencapai keinginannya itu. Sejumlah ibu terpaksa menyerahkan perawatan si kecil pada orang lain karena belum pulih kondisinya. Atau malah ada yang bahkan dalam kondisi badan masih lelah, terpaksa harus merawat si kecil. Akibatnya, ada yang stres bahkan mengalami depresi.

Bagaimana sih agar cepat pulih pascamelahirkan? Sejumlah tips di bawah ini akan membantu Anda:

  • Mengonsumsi pereda sakit

Seusai membantu persalinan, biasanya dokter memberi resep obat, salah satu di antaranya pereda sakit. Konsumsilah obat pereda sakit ini sesuai petunjuk dokter. Bila obat habis dan masih merasakan sakit, konsultasikan dengan dokter.

  • Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu meredakan sakit. Semprotkan air hangat ke arah perineum sebelum dan sesudah buang air kecil , untuk mencegah iritasi pada permukaan perineum yang sobek.

  • Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat  membantu membuat tekstur tinja tidak keras. Anda pun tak perlu mengejan dan bisa BAB secara teratur. Makanan kaya serat ada pada buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian.

  • Senam kegel

Senam kegel sangat baik untuk memulihkan kondisi vagina. Mulailah melatih gerakan kegel postpartum begitu Anda mampu melakukannya. Lakukan 20 hitungan selama tiga set tiap harinya.

  • Makan teratur dengan gizi seimbang

Makan secara teratur dengan gizi berimbang. Porsi yang disarankan bukan tiga kali dengan porsi besar melainkan lima kali dengan porsi kecil. Hindari alkohol dan kafein demi bayi Anda.

  • Tetap aktif bergerak

Bukan berarti langsung bekerja keras. Tapi jangan pula terus berbaring di tempat tidur. Mulailah melatih kelenturan tubuh dengan gerakan-gerakan ringan yang bisa dilakukan. Berjalan kaki di sekitar tempat tinggal juga disarankan untuk menyegarkan diri dengan melihat dunia luar.

Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Ayo bagikan!