Perhatikan Protokol Kesehatan Keluarga Saat Pandemi, Ini Panduannya

Lingkungan keluarga adalah lingkungan terkecil di mana seseorang tinggal. Mewabahnya Covid-19 dapat dicegah sedini mungkin dari lingkungan keluarga. Sebagai orangtua Anda mempunyai peran besar untuk mencegah penularan Covid19 dimulai dari rumah.

Secara umum, berikut Panduan Protokol Kesehatan Keluarga di Era Pandemi seperti dilansir Covid19.go.id:

  •  Perlindungan kesehatan

Lakukanlah perlindungan kesehatan anggota keluarga. Anda perlu mengetahui penyebab penularan Covid-19. Yaitu, melalui sebaran droplet (tetesan cairan yang berasal dari batuk/bersin), menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus Corona/Virus SARS COV, airbone (udara tertutup pada ruangan tertutup/ventilasi buruk). Lindungi anggota keluarga Anda agar terhindar dari penularan Covid-19.

  • Terapkan protokol kesehatan

 Anggota keluarga harus menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker sesuai standar kesehatan, menjaga jarak dengan orang lain (minimal 1 meter), mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20-30 detik atau gunakan hand sanitizer, hindari kerumunan baik di dalam maupun di luar rumah bersama orang lain, tingkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS).

  •  Batasi interaksi

Batasi diri berinteraksi/kontak dengan orang lain, kurangi transaksi dengan uang fisik, ketika menerima paket segera semprot disinfektan. Sebisa mungkin hal-hal yang bisa memicu terjadinya penyebaran Covid-19 supaya di hindari.

  • Smoke free home

Jangan ada yang merokok di dalam rumah (smoke free home). Asap rokok akan mengganggu pernapasan penghuni rumah. Terlebih jika ada yang mempunyai kasus-kasus tertentu pada pernapasan anggota keluaraga. Untuk itu upayakan semaksimal mungkin tidak ada yang merokok di dalam rumah.

  •  Bantuan tenaga kesehatan

Jika sakit terapkan etika batuk dan bersin, jika berlanjut segera hubungi dokter/tenaga kesehatan untuk mendapatkan bantuan. Perawat anggota keluarga yang rentan harus menerapkan protokol kesehatan. Kondisikan agar penghuni rumah mematuhi protokol kesehatan itu.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!