Perlengkapan untuk Anak saat Membonceng Motor

Suka memboncengkan anak Balita dengan motor? Boleh-boleh saja. Tapi jangan lupakan keamanan anak. Sebaiknya anak tidak dibonceng di depan. Yang paling ideal adalah anak dibonceng di belakang. Itupun harus ada orang dewasa yang ikut membonceng dan bertugas memegangi posisinya supaya stabil.

Anak boleh membonceng sendirian ketika sudah mampu membuat posisi duduknya stabil. Tangan harus terus berpegangan. Durasinya juga tidak boleh terlalu panjang. Paling lama 15 menit saja. Lebih dari itu biasanya anak sudah mengantuk. Ini sangat berbahaya karena dalam posisi mengantuk, pegangannya bisa terlepas dan risikonya anak bisa jatuh.

Setiap yang naik motor baik pengemudi maupun yang membonceng wajib mengenakan helm pengaman. Ketika anak ikut membonceng motor, perlengkapannya lebih banyak lagi. Pastikan anak mengenakan perlengkapan pengamanan di bawah ini.

1. Helm
Helm akan melindungi kepala berikut organ-organ penting di dalamnya dari risiko terjadi benturan. Pastikan helm pengaman ini terpasangan dengan baik. Kaitkan talinya dan kunci sehingga tak mudah terlepas ketika risiko itu terjadi.

2. Jaket
Pakaikan anak jaket untuk melindungi tubuhnya dari angin yang menerpa. Angin bisa membuat tubuh si kecil masuk angin, perut kembung hingga gangguan yang lebih berat dari itu. Oleh karena itu amankan anak dengan jaket.

3. Kacamata

Anak sebaiknya dipakaikan kacamata untuk melindungi kedua matanya dari ancaman material kecil ataupun serangga yang bisa masuk ke matanya. Pada siang hari yang panas, pakaikan kacamata hitam untuk melindungi matanya dari radiasi sinar matahari.

4. Masker
Pakaikan anak masker untuk melindunginya dari polusi udara yang mengancam organ pernapasannya. Namun jangan terlalu ketat memakaikannya agar tidak menganggu sirkulasi udara dan agar dia tetap bisa bernapas dengan nyaman.

5. Seatbelt
Tali pengaman atau seatbelt mungkin belum terlalu lazim namun sudah banyak dijual. Seatbelt bisa dipakaikan agar posisi duduk anak lebih stabil.

Bila semua perlengkapan di atas sudah terpasang, orangtua boleh mengajak anak berboncengan naik motor. Ingat selalu untuk mematuhi peraturan lalulintas. Keselamatan Anda dan terutama si kecil adalah yang utama.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!