Pernikahan Terasa Hambar? Coba Atasi dengan Cara ini

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, pasangan suami-istri terkadang harus menghadapi sejumlah masalah dan lika-likunya. Hal itu wajar saja. Tapi bagaimana jika setelah sekian tahun lamanya menjalani pernikahan Anda merasakan pernikahan itu lambat laun menjadi begitu hambar? 

Bertemu setiap hari dengan suami/istri, mulai dari bangun tidur sampai akan tidur lagi, kini terasa biasa saja. Tidak ada lagi hal-hal yang terasa romantis dan manis, seperti saat masa pacaran atau ketika masih menjadi pengantin baru. Bahkan mungkin bisa jadi tidak ada lagi gairah ketika melihat pasangan Anda. Tidak ada lagi perasaan yang meletup-letup atau hati yang berbunga-bunga seperti dulu setiap kali bertemu dengan kekasih halal ini.

Kondisi itu mungkin dipicu karena kesibukan masing-masing dalam melakukan rutinitas yang hampir selalu sama setiap harinya, seperti menyelesaikan pekerjaan, tugas rumah tangga, mengasuh anak-anak, dan urusan lainnya, sehingga tak sempat lagi saling memberi perhatian atau bersikap mesra pada pasangan. 

Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan biarkan berlarut-larut. Karena masalah ini bisa membahayakan pernikahan Anda. Nah, sebelum terlambat,  cobalah tips berikut ini untuk menghangatkan kembali pernikahan Anda: 

  • Cinta itu masih ada
    Jangan pernah berpikir sudah tidak ada lagi cinta di antara Anda dan pasangan. Hanya saja, cinta itu mungkin memang sedikit terabaikan karena situasi dan kondisi saat ini membuat Anda berdua tak sempat merawatnya. Coba munculkan kembali rasa cinta itu. Salah satunya dengan cara mengenang atau mengingat-ingat kembali saat Anda kali pertama jatuh cinta pada suami/istri Anda, hal-hal apa saja yang dulu pernah membuat Anda memilihnya sebagai pelabuhan hati Anda. Lihat dan ingat-ingatlah kebaikan atau kelebihan-kelebihannya, perhatiannya, dan sadari bahwa kehadirannya begitu berarti dalam kehidupan Anda. 
  • Ajak pasangan berkomunikasi
    Carilah waktu yang tepat untuk mengajak pasangan Anda berbicara berdua saja. Mungkin pada saat menjelang tidur malam, atau saat sarapan pagi dengan catatan tidak ada yang sedang terburu-buru untuk melakukan hal lainnya. Bicaralah dari hati ke hati. Ungkapkan yang Anda rasakan tentang pernikahan Anda. Bersikaplah saling terbuka satu sama lain. Namun sebisa mungkin juga saling menjaga perasaan satu sama lainnya. 
  • Beri kejutan
    Salah satu cara menggugah cinta agar kembali bersemi adalah dengan kembali memberikan perhatian kepada pasangan Anda. Jangan ragu untuk sering memberikan hadiah kejutan untuk suami/istri Anda tercinta. Tidak perlu harus menunggu hari ulang tahunnya, hari ulang tahun pernikahan atau hari penting lainnya. Bangun kembali suasana romantis seperti saat masa pacaran atau di awal pernikahan Anda berdua. 
  • Buat jadwal kencan
    Sering-seringlah meluangkan waktu khusus untuk bisa Anda nikmati berdua saja dengan suami/istri. Mungkin bisa dengan membuat janji atau jadwal kencan makan malam berdua di luar, liburan dengan melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat untuk bulan madu kedua, atau sekadar menghabiskan waktu dengan memasak berdua di rumah. Anda mungkin bisa menitipkan anak-anak sebentar pada kakek-nenek, om-tante, pengasuh, atau orang yang Anda percayai, agar bisa menikmati waktu berdua bersama pasangan Anda saja. 
  • Ungkapkan perasaan

Tidak ada salahnya mengungkapkan rasa cinta, sayang, dan rindu Anda kepada suami/istri Anda sesering mungkin, setiap saat ada kesempatan. Baik itu lewat kata-kata ataupun tulisan. Meski terlihat sederhana, ini sangat ampuh untuk memantik kembali api cinta yang mungkin hampir padam.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!