Pilihan Olahraga Keluarga untuk Tingkatkan Imunitas

Di musim pandemi seperti saat ini, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan fisik maupun psikis. Salah satu caranya dengan rutin berolahraga untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh kita. Apalagi dengan adanya pandemi ini, membuat kita harus lebih banyak melakukan berbagai aktivitas di rumah saja. Termasuk kegiatan belajar sekolah yang harus diikuti anak-anak secara daring (dalam jaringan) dari rumah. Bermain pun sebisa mungkin lebih baik dilakukan di rumah.

Tak jarang Ayah-Ibu serta anak-anak dihinggapi rasa bosan atau jenuh, suntuk, dan penat. Bahkan stres pun bisa melanda. Dengan berolahraga, tubuh akan terasa bugar dan pikiran pun kembali segar. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Ayah-Ibu lakukan dengan mengajak serta buah hati tercinta. Pilih olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, halaman rumah, atau boleh juga di luar rumah. 

Namun khusus untuk olahraga di luar rumah, lakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ya. Jangan lupa untuk memakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan orang. Berikut jenis olahraga yang bisa dipilih: 

  • Senam

Ada berbagai jenis senam, seperti aerobik, zumba, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan lainnya. Anda dan keluarga bisa memilih dan melakukan senam dengan panduan DVD senam yang banyak dijual atau mencari video senam lewat youtube. Pilih jenis senam dengan gerakan-gerakan ringan dan simpel agar bisa diikuti anak-anak dengan mudah. Iringan musik favorit akan menambah semangat dalam berolahraga. 

  • Yoga

Olahraga ini tidak hanya bisa dilakukan orang dewasa, tapi juga anak-anak lho! Gerakan-gerakan yoga walaupun yang sederhana sekalipun, bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh maupun mental anak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau Ayah-Ibu juga mengajak anak-anak Anda untuk bergabung saat melakukan yoga. 

  • Jalan-jalan pagi atau jogging

Ayah-Ibu bisa mengajak buah hati Anda untuk melakukan aktivitas ini di pagi hari sambil menikmati udara yang masih segar karena belum terlalu banyak tercemar polusi. Tidak perlu mengambil rute yang terlalu jauh, cukup dengan berkeliling di kompleks atau lingkungan sekitar rumah saja. 

  • Bersepeda

Olahraga satu ini kini bahkan sudah menjadi trend. Bersepeda bersama keluarga tercinta tentu akan terasa sangat seru dan menyenangkan. Aktivitas ini sekaligus bisa untuk refreshing yang akan menyegarkan kembali pikiran kita. 

  • Olahraga permainan

Ayah-Ibu bisa memilih permainan sederhana seperti lempar-tangkap bola atau lompat tali, yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Atau juga jenis olahraga permainan yang dilakukan dalam tim, misalnya basket. Dengan olahraga yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, kita dapat mencegah serangan berbagai macam penyakit. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!