Pindah Rumah Saat Pandemi? Wajib Lakukan Hal Berikut Ini

Di masa pandemi ini masyarakat memang dihimbau untuk membatasi pergerakan, jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Jika kebutuhannya adalah untuk bekerja atau melakukan hal mendesak lainnya, tentu saja harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat.  Salah satunya mungkin seperti pindah rumah.  Anda sudah merencanakan pindah rumah jauh sebelum Covid mewabah, atau memang harus pindah karena masa kontrakan berakhir, maka Anda jadi tidak punya pilihan. Ada beberapa hal yang wajib dilakukan saat melakukan pindahan:

  • Perhatikan saat packing

Kemas semua barang si kecil dalam kotak yang bersih.  Jika memungkinkan, gunakanlah kotak yang masih baru. Maksudnya untuk menghindari kemungkinan kotak bekas yang Anda gunakan justru menjadi penyebab Anda terpapar virus. Jika Anda tidak memakai kotak, gunakan plastik berukuran besar (trash bag) lalu tutup rapat dengan plester atau selotip. Pastikan proses pengemasan sebuah barang selesai dalam 24 jam sebelum proses pindahan. Hal ini untuk memastikan tidak ada virus yang hidup di kotak barang-barang Anda selama menunggu proses pindahan. Penting juga untuk mengatur barang-barang yang ingin Anda kemas, pastikan  setiap barang masuk ke dalam kotak, tanpa ada yang tersisa.

  • Tanpa jeda

Usahakan agar proses pindahan selesai dalam satu waktu. Untuk itu Anda perlu membuat perencanaan, terkait proses pindahan, dengan mempertimbangkan jarak antara rumah lama dan tempat baru. Perencanaan juga dapat membuat Anda mampu memperkirakan berapa tenaga angkut yang Anda butuhkan, termasuk jumlah armada angkut yang diperlukan.

  • Bersihkan semua barang

 Anda perlu memastikan, semua barang yang dibersihkan dengan desinfektan, segera setelah turun dari armada angkut. Ini penting untuk memastikan kuman-kuman yang mungkin menempel selama proses pindahan, bisa mati.  Anda bisa melakukannya dengan menyemprot (untuk barang berukuran besar) dan mengelap dengan kain yang dibasahi cairan desinfektan.

  • Patuhi protokol kesehatan standar

Semua orang yang terlibat dalam proses pindahan wajib mengenakan masker. Baik saat berangkat dari rumah lama hingga tiba di lokasi baru.  Cucilah tangan dengan sabun saat berangkat dari lokasi lama, juga saat sebelum masuk ke rumah baru.  Jika Anda memutuskan memakai layanan jasa pindahan rumah pastikan perusahaan yang Anda sewa mematuhi dan menjalan protokol kesehatan dan kebersihan yang disyaratkan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!
Daftarkan email Anda dan dapatkan info terupdate dari kami