Sikap yang Benar Ketika Orang Dekat Terinfeksi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita tentunya akan berusaha optimal menjaga diri agar tidak sampai tertular infeksi virus corona. Namun virus tersebut sangat mungkin bisa menginfeksi siapa saja tanpa pandang bulu, termasuk orang-orang dekat di sekitar kita misalnya keluarga atau tetangga. 

Lalu bagaimana sebaiknya sikap kita saat mengetahui ada keluarga atau tetangga dinyatakan positif Covid-19? Jika hal itu terjadi, berikut ada beberapa yang bisa kita lakukan: 

  • Jangan panik

Tetaplah tenang namun harus terus waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, di antaranya dengan memakai masker, rutin mencuci tangan dengan benar memakai sabun, menjaga jarak, bersihkan atau sterilkan benda-benda di rumah atau lingkungan tempat tinggal yang sering disentuh dengan disinfektan, dan sebagainya. 

  • Minta pertolongan medis

Disarikan dari covid19.go.id, bila ada anggota keluarga yang mengalami gejala-gejala seperti demam, rasa lelah atau batuk kering, mesti segera cari pertolongan pada sarana kesehatan dan ikuti perintah tenaga kesehatan.

  • Pisah ruang

Anggota keluarga yang mengalami gejala Covid-19 jika dirawat di rumah harus ditempatkan di ruang terpisah. Selain itu, anggota keluarga yang mengalami gejala juga harus memakai masker dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya. Dia juga tidak boleh meninggalkan rumah kecuali berobat.

  • Jangan mengucilkan 

Harus menjaga jarak dengan keluarga atau tetangga yang terinfeksi covid-19 bukan berarti mengucilkan dia. Saat dia harus menjalani karantina atau isolasi mandiri, tetaplah berikan perhatian dan support atau dukungan positif kepadanya. Jalin komunikasi atau interaksi dengannya walaupun hanya via telepon, berkirim pesan singkat melalui SMS, WhatsApp, atau aplikasi daring (dalam jaringan) lainnya, terutama untuk memantau perkembangan kesehatannya. Tidak ada salahnya juga jika kita memberikan bantuan kepada tetangga yang terinfeksi Covid-19, misalnya dengan mengirimkan bahan makanan dan sebagainya. 

  • Karantina Mandiri

Jika sebelumnya kita pernah kontak langsung dengan anggota keluarga atau tetangga yang terinfeksi Covid-19, sebaiknya juga melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Hal ini demi memutus tali penyebaran virus corona tersebut. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!