Silaturahmi Lebaran ala Social Distancing

Lebaran tahun ini dipastikan berbeda dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Dengan tren wabah Covid-19 yang masih terus menanjak, kebijakan pemerintah yang melarang warga mudik, tentu harus dipatuhi benar. Toh ada teknologi yang bisa menjadi jembatan silaturahmi Lebaran tetap berjalan, meski tanpa langsung berjabat tangan. Social distancing memang membatasi perjumpaan-perjumpaan. Tradisi mudik saat hari raya yang telah berjalan bertahun-tahun lamanya pun harus dihentikan sementara.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hati tetap terpaut meski fisik sedang terpisah jarak.  Piranti smartphone dalam genggaman telah menyediakan begitu banyak pilihan. Dengan telepon berbasis internet, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk mengontak orangtua atau kerabat yang ada di kampung. Sementara dengan layanan video call, Anda bisa bertatap muka dengan beberapa orang sekaligus dan saling bertukar kabar silaturahmi.

Jika ingin bersilaturahmi online dengan lebih banyak orang lagi, Anda bisa memanfaatkan teknologi meeting online seperti Zoom, Google hang out, Skype dan lain-lain. Untuk silaturahmi online yang melibatkan banyak orang, sebaiknya ditentukan jadwalnya, pada hari apa dan pukul berapa akan dilakukan silaturahmi online. Sehingga tiap kerabat yang bakal ikut serta dapat mempersiapkan diri.

Foto-foto adalah hal yang wajib dilakukan saat berkumpul bareng keluarga besar. Meski fisik tidak bisa berjumpa, Anda tetap bisa membuat album foto silaturahmi keluarga. Manfaatkan akun sosial media seperti Instagram atau Facebook untuk menyimpan foto kenangan saat Lebaran. Setiap keluarga yang terpisah jarak bisa mengirimkan foto digital untuk dikumpulkan dan diposting dalam satu album. 

Berkirim kartu ucapan digital. Teknologi memang menawarkan begitu banyak kemudahan. Jika dulu Anda mengirimkan kartu ucapan fisik dan dikirim menggunakan perangko, kini Anda bisa mengirimkan kartu ucapan berformat digital yang bisa dikirim hanya dengan sekali klik. Kartu ucapan digital ini hadir dengan suara dan gambar bergerak. Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp.50.000,-.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!
Daftarkan email Anda dan dapatkan info terupdate dari kami